Skip to content

A World Without (2021) – movie review

Rating: 2.5 out of 5.

Awalnya saya cukup antusias dengan film ini walaupun sempat ragu waktu melihat trailernya tetapi saya berusaha untuk tetap berpikir positif. Ternyata lagi2 dugaan saya meleset.

Meskipun bergenre mystery scifi tetapi sedari awal saya tidak merasakan adanya misteri yang berusaha untuk diungkap, dikatakan scifi pun terasa kurang tepat karena di tahun 2030 tersebut semua hal terasa tidak jauh berbeda dengan saat ini. Dan sekali lagi saya berusaha keras untuk mencari pesan yang ingin disampaikan dalam film ini kepada penonton, tetapi nihil.

Film langsung dibuka dengan Salina, Ulfah dan Tara yang berada di bis dalam perjalanan menuju The Light. Tanpa diketahui atas dasar apa mereka dipilih, setibanya di The Light mereka langsung bertemu dengan Yang Istimewa Ali Khan dan Sofia. Peraturan demi peraturan dijelaskan secara gamblang, yang salah satunya adalah tidak boleh berpacaran. Walaupun akhirnya setelah menghabiskan waktu bekerja bersama, Salina dan Hafiz tidak bisa menghindari rasa yang mulai tumbuh di antara mereka.

Meskipun mereka dikatakan akan dipersiapkan untuk pernikahan di usia 17 tahun tetapi yang kita lihat hanyalah mereka diajari tentang ekonomi rumah tangga sementara di sisi lain rumah dan pekerjaan sudah disediakan bagi mereka, jadi saya tidak merasa ada yang dipersiapkan sama sekali. Konsep The Light sebagai training center seperti kurang bermakna karena Salina dan Tara hanya mengembangkan skill yang sudah mereka miliki tanpa ada bimbingan.

Satu hal yang menarik perhatian adalah jaket yang dipakai anggota The Light

Terlepas dari set up lokasi yang terasa kurang canggih, konsep film ini sebenarnya memiliki potensi untuk berhasil menjadi cerita misteri. Sayangnya banyak hal yang menurut saya terasa sedikit mengganjal.

Bila Ali Khan dan Sofia menyimpan rahasia tetapi dengan santainya mereka membuka pintu terhadap Salina tanpa berusaha menyembunyikan apapun, dimana letak misterinya. Selain itu saya sedikit berharap bahwa keguguran Sofia akan ada kaitannya dengan rahasia yang mereka simpan tetapi lagi2 nihil. Sikap ramah Ali Khan terhadap Salina dan Tara pun ternyata tidak berujung kemana2. So why bother with that small details if you didn’t take it anywhere?

Diluar keganjilan tersebut, saya menyukai Ayushita dan Asmara Abigail, mereka seperti memiliki karakter yang kuat dalam setiap film dan berharap mereka bisa diberikan peran yang lebih menantang.

Satu hal yang saya rasa terhubung dengan realita adalah ketika setiap pasangan selalu menunjukkan hal yang berbeda, di depan umum dan di belakang layar. Selain itu, cita2 Salina, Ulfah dan Tara untuk memiliki cinta sejati ternyata tetap tidak tercapai di The Light.

Film A World Without ini bisa kalian tonton di Netflix mulai tanggal 14 Oktober 2021.

Sutradara : Nia Dinata Penulis Skenario : Nia Dinata, Lucky Kuswandi Pemeran : Amanda Rawles, Maizura, Asmara Abigail, Chicco Jerikho, Ayushita, Jerome Kurnia, Dira Sugandi, Richard Kyle, Dhimas Danang, Joko Anwar

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: