Skip to content

Alias Grace (2017) – Netflix series review

Rating: 4 out of 5.

…for it is the fate of a woman Long to be patient and silent, to wait like a ghost that is speechless Till some questioning voice dissolves the spell of its silence.

– Henry Wadsworth Longfellow

Alias Grace adalah sebuah mini series, direlease tahun 2017, yang diadaptasi dari novel karya Margaret Atwood dan berdasarkan kisah nyata dari pembunuhan ganda Thomas Kinnear dan Nancy Montgomery, yang menggemparkan dan terjadi di Kanada tahun 1843.

James McDermott dan Grace Marks ditahan atas pembunuhan Thomas Kinnear dan Nancy Montgomery. McDermott dijatuhi hukuman mati atas pembunuhan tingkat pertama sementara Grace diberikan keringanan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Selama masa penahanan tersebut setiap hari Grace dibawa ke rumah gubernur untuk melakukan pekerjaan ringan.

Seorang psikiater bernama Dr Simon Jordan diberikan tugas untuk menganalisa Grace dan diharapkan mampu memberikan laporan tentang kondisi mental Grace dan membebas-kannya. Grace bertemu setiap hari dengan Dr Jordan di rumah gubernur dan ia menceritakan perjalanan hidupnya sejak tiba di kota tersebut hingga akhirnya ia dipaksa untuk menghasilkan uang.

Setiap karakter dalam film ini memiliki daya tariknya tersendiri dan semua berperan sangat baik, tidak ada satu karakter yang benar2 bisa kita interpretasikan dengan jelas dan ini benar2 menguras pikiran untuk berusaha memahami setiap karakter dan menebak alur ceritanya.

Grace Marks menunjukkan sifat yang berbeda walaupun tidak diperlihatkan dengan jelas, disaat persidangan ia terlihat percaya diri dan mengungkapkan apa yang terjadi dengan sangat lugas, tanpa ada keraguan, seperti ia sudah menghapal apa yang harus ia katakan. Di hadapan Dr Jordan, Grace menunjukkan karakter yang tenang dan caranya bercerita membuat orang yang mendengarkan merasa tertarik dan tidak bosan seakan ia tahu apa yang ingin orang dengar dari dirinya. Bagian ending mungkin sisi paling mengejutkan dari Grace, bahwa ia mampu menjadi sesuatu yang lain, intonasi suaranya sangat berbeda tetapi yang membuat saya bertanya2 adalah sisi gelap itu muncul ketika melihat Dr Jordan memegang tangan Mrs Humphrey.

Sepanjang film kita hanya mendengar satu sisi cerita, Grace Marks, dan hal ini bukan merupakan hal yang bisa sepenuhnya kita percayai. Di film ini Grace digambarkan sangat santun dan lembut hingga kita mungkin akan percaya bahwa ia tidak bersalah tetapi beberapa kalimat mengungkapkan bahwa ia menyimpan kebohongan dan menceritakan hal2 yang berbeda pada beberapa orang, seperti apa yang Mary pernah sampaikan pada Grace bahwa kebohongan kecil layak dilakukan demi hidup yang tenang.

Sutradara : Mary Harron Penulis Skenario : Sarah Polley, Margaret Atwood (novel) Pemeran : Sarah Gadon, Edward Holcroft, Rebecca Liddiard, Zachary Levi, Kerr Logan, Paul Gross, Anna Paquin, Stephen Joffe

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: