Skip to content

AlRawabi School for Girls (2021) – mini series review

Rating: 3 out of 5.

Jujur, baru pertama kali ini saya menonton film dari Yordania dan ternyata cukup bagus, baik dari segi cerita, karakter dan para pemerannya.

Serial singkat yang terdiri dari enam episode ini mengangkat tema tentang bully, yang merupakan hal yang sangat sering terjadi bahkan di seluruh negara, dan tempat dimana hal itu sering terjadi adalah di sekolah.

Mariam adalah seorang gadis sederhana yang menyukai membaca buku. Ia menyukai sekolah hingga ia bersinggungan dengan Layan. Layan, Rania dan Roqayya merupakan gadis2 yang ditakuti di sekolah AlRawabi, mereka selalu merendahkan murid2 yang lain. Mariam menolak untuk diam saja dengan perlakuan Layan hingga terjadilah insiden besar ketika Layan mengancam Mariam hingga ia terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya orang tua Mariam adalah orang terpandang dan Bu Fateen, kepala sekolah AlRawabi mengkhawatirkan sekolahnya yang bisa terancam bila Mariam disalahkan. Setelah insiden tersebut dan melihat bahwa tidak ada satupun yang berani mendukungnya, Mariam merasa depresi hingga akhirnya ia memutuskan untuk membalas mereka.

Dina, Noaf, dan Mariam di AlRawabi School for Girls – Netflix

Seperti dengan film Thailand, Girl from Nowhere, kita melihat ritme yang serupa yaitu ketika korban bully menjadi terobsesi dengan dendamnya dan akhirnya membuatnya bahkan jauh lebih sadis daripada pelaku bully. Hal serupa ini menunjukkan bahwa dampak dari bullying itu akan membekas sangat dalam hingga merubah korban menjadi sama dengan pelaku bully. Ini menjadi mata rantai yang tak kunjung putus.

Ya, terkadang keadilan itu timpang, ketika kebenaran terucap tetapi tidak ada yang mempercayai, bahkan kita sering menutup mata terhadap kebenaran karena takut kita akan terkena dampak yang buruk tetapi lebih mengerikan lagi bila kita berubah menjadi monster, bukan demi menegakkan keadilan, tetapi demi membalas dendam. Membalas dendam bukanlah solusi, menghentikan perilaku bully menjadi tanggung jawab orang tua dan juga sekolah, bukan aksi main hakim sendiri.

Meskipun dengan tema yang cukup umum tetapi film ini tetap memiliki daya tarik, dan ending serial ini membebaskan masing2 penonton untuk mengintepretasikan apa yang terjadi dengan satu tambahan fakta baru.

Film AlRawabi School for Girls ini mulai tayang di Netflix tanggal 12 Agustus 2021.

Sutradara : Tima Shomali Penulis Skenario : Islam Alshomali, Shirin Kamal, Tima Shomali Pemeran : Andria Tayeh, Noor Taher, Rakeen Saad, Yara Mustafa, Joanna Arida, Salsabiela A.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: