Skip to content

Old (2021) – movie review

Rating: 2.5 out of 5.

Diadaptasi dari sebuah novel berjudul Sandcastle karya Pierre Oscar Levy dan Frederick Peeters, film ini menceritakan tentang sebuah resort di dekat pantai cantik bernama Anamika Resort. Tapi dibalik keindahan tersebut, tersembunyi rahasia yang mengerikan.

Sebuah keluarga, Prisca, Guy dan kedua anaknya Trent dan Maddox, berlibur ke Anamika Resort. Tidak lama kemudian manajer hotel menawari mereka berjalan2 di pantai yang tidak terlalu ramai oleh wisatawan dan merekapun setuju. Mereka berempat bersama satu keluarga lainnya diantar ke depan jalan menuju pantai. Ketika hal2 aneh baru mulai terjadi, pasangan suami istri lainnya datang dan mereka menyadari setelah mencoba berbagai cara bahwa mereka terjebak di pantai tersebut.

Konsep film yang menarik dari Shyamalan karena cerita ini secara tidak langsung juga terhubung dengan apa yang kita rasakan selama pandemi tanpa harus dikaitkan dengan virus. Menua dan meninggal adalah sesuatu yang sudah pasti terjadi pada setiap manusia tetapi bagaimana bila itu terjadi jauh lebih cepat dari yang seharusnya dan semua terjadi di satu tempat. Mereka semua terjebak dan tidak bisa kabur dari tempat tersebut. Hanya dalam hitungan detik, semua yang terjadi dalam tubuh kita dipercepat, menua, hamil, melahirkan, penglihatan menjadi buram, dan penyakit seperti tumor tumbuh jauh lebih cepat dari seharusnya.

Seharusnya film ini memiliki dampak menyeramkan tetapi sepertinya ada beberapa detail kecil yang terlewat sehingga lebih banyak menimbulkan tanda tanya dan rasa aneh. Kejadian di pantai dan penjelasan di akhir film seperti dua bagian yang terpisah walaupun saling menjelaskan satu sama lain. Karakter2 di film inipun kurang menarik, sebagian karakter kurang ekspresif dan sebagian lagi terlalu ekspresif sehingga berlebihan dan membuat semuanya terasa lebih aneh lagi. Sangat disayangkan padahal saya sangat menanti2 film ini.

Sutradara : M Night Shyamalan Penulis skenario : M Night Shyamalan, Pierre-OscarLevy (novel), Frederick Peeters (novel) Pemeran : Gael Garcia Bernal, Vicky Krieps, Rufus Sewell, Alex Wolfff, Thomasin McKenzie, Abbey Lee, Nikki Amuka-Bird, Ken Leung, Eliza Scanlen, Aaron Pierre, Embeth Davidtz, Emun Elliott

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: