Skip to content

8 (2019) – movie review

8 : A South African Horror Story menceritakan tentang seorang pria tua bernama Lazarus, yang kehilangan istri dan anak perempuannya dalam kebakaran. Ia tidak terima dengan kejadian itu sehingga ia menukar jiwa anak perempuannya dengan roh jahat yang selalu lapar akan jiwa manusia. Lazarus membawa anak tersebut kemana-mana di dalam sebuah tas besar. Lalu sebuah keluarga kecil tiba di Hemelop- Aarde, William, Sarah dan Mary. Mereka menempati rumah dari mendiang ayah William, yang sebelumnya dilayani oleh Lazarus. Melihat kembalinya keluarga tersebut, Lazarus mendatangi rumah itu dan memperkenalkan dirinya. Sarah yang merasa ada hal aneh di diri Lazarus berusaha mengusirnya tetapi William yang merasa kasihan dan butuh bantuan untuk merapikan rumah yang sudah lama tidak ditempati itu, menawarkan Lazarus tinggal di gudang kecil yang persis berhadapan dengan rumah utama. Setelah itu Mary mulai menjalin pertemanan dengan Lazarus sementara tantenya, Sarah, mengalami hal aneh beberapa kali yang tidak dipercaya suaminya, William, sampai suatu ketika Lazarus kembali dengan baju penuh darah dan Sarah yang sudah tidak tahan lagi berusaha mengusirnya tetapi justru hal terburuk terjadi.

Sebuah film horror dengan konsep dan lokasi yang berbeda, sedikit refreshing dari sekian banyak film horror, dan memang tidak banyak film dari Afrika Selatan. Alur cerita yang sederhana tetapi pas untuk ditonton, tidak berlebihan, membuat saya tertarik untuk menonton hingga akhir film. Walaupun mungkin menurut saya masih ada sedikit yang kurang, ketegangannya seakan sedikit ‘nanggung’, misalnya ketika Lazarus memantrai orang yang akan diambil jiwanya, ekspresi orang tersebut sangat2 ketakutan tetapi saya tidak merasakan ketegangan lebih. Dan momen ini mengingatkan saya dengan film Doctor Sleep.

Tidak ada yang terlalu menonjol dari karakter2 di film ini, kecuali untuk karakter Mary yang sepertinya terlalu ‘tua’ untuk umurnya. Saya tidak melihat sisi anak2 dalam Mary, selain bahwa dia memelihara ulat. Agak sedikit aneh tetapi masih bisa dipahami untuk anak2 seusianya dan memang ini bagian yang mengaitkan keseluruhan cerita, terutama bagian ending. Ya, endingnya cukup bisa ditebak dan lagi2 penonton harus menginterpretasikan sendiri bagian endingnya. Well, overall this movie is quite interesting to watch!

Sutradara : Harold Holscher Penulis Skenario : Harold Holscher Pemeran Utama : Tshamano Sebe, Inge Beckmann, Keita Luna, Garth Breytenbach, Chris April

Rate : ★ ★ ★ ☆ ☆

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: