Skip to content

Barbarian (2022) – movie review

Rating: 3 out of 5.

Film Barbarian ini merupakan salah satu film horror yang saya save didaftar wajib tonton dan setelah release beberapa waktu lalu ternyata rate nya pun cukup bagus. So let’s start to review this movie!

Sinopsis. Tess tiba malam hari di tengah hujan deras di rumah 476 Barbary, Brightmoor yang ia sewa dari Airbnb tetapi ia tidak menemukan kunci rumah yang seharusnya berada di kotak depan. Ketika ia memutuskan untuk masuk kembali ke dalam mobilnya, ia melihat lampu didalam rumah tiba-tiba menyala dan seorang pria tak dikenal membuka pintu rumah tersebut. Awalnya Tess merasa ragu tetapi ketika ditawarkan untuk menginap di tengah cuaca tak menentu in the middle of nowhere dan ia pun memiliki wawancara kerja keesokan harinya, Tess akhirnya menerima tawaran Keith. Ketika Tess pergi untuk wawancara kerja keesokan harinya ia melihat bahwa disekeliling rumah yang ia sewa ternyata banyak rumah rusak dan tidak berpenghuni. Tidak hanya itu, Tess juga menemukan sebuah basement tersembunyi yang menyeramkan.

Film tentang rumah sewa airbnb ini ternyata cukup berhasil dijadikan sebuah tema horror. Saya teringat sebuah film dengan judul Superhost dengan tema yang sama tetapi film ini berkembang menjadi lebih dark and twisted. Sebagai sutradara dan penulis skenario yang sebagian besar menghasilkan film-film bergenre komedi, Zach Cregger terbukti cukup mumpuni di film bergenre horror.

Film ini memiliki dua bagian, bagian pertama adalah sinopsis yang saya bagikan di awal yang merupakan opening tetapi durasi adegan pembuka ini terbilang cukup panjang. Lalu di bagian kedua muncul AJ yang merupakan pemilik rumah tersebut yang sedang menghadapi kasus sehingga terpaksa menjual rumahnya itu. Di pertengahan bagian kedua inipun terdapat sedikit flashback tentang bagaimana semuanya berawal walaupun durasi dan penempatannya menurut saya terlalu tiba-tiba.

Salah satu karakter dalam film ini mengingatkan saya dengan karakter dalam film Aftermath tetapi disini sosoknya lebih terasa menyeramkan di awal. Kemudian perlahan karakternya mulai bergeser dan berubah menjadi kurang menyeramkan menuju akhir. Kita menjadi lebih memahami karakter tersebut tetapi kelemahannya ketika kita mulai memahami hal tersebut, level horrornya menjadi berkurang.

Saya juga menyukai Georgina Campbel yang memerankan Tess. I do think she plays very well dan mampu menjadi pusat perhatian dalam film ini walaupun banyak hal yang terjadi. Peran Justin Long sebagai AJ berbeda dari biasanya dan saya berharap Bill Skarsgård muncul lebih lama. Saya menyukai perannya dalam film Villains dan berharap ia bisa mendapat peran yang jauh lebih menantang di genre horror.

Tidak banyak yang bisa dikritik dalam film ini, dan saya cukup bisa menikmati ceritanya.

Sutradara : Zach Cregger Penulis Skenario : Zach Cregger Pemeran : Georgina Campbell, Bill Skarsgård, Justin Long, Matthew Patrick Davis, Richard Brake, Jaymes Butler, Kurt Braunohler

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: