Skip to content

Cargo (2017) – throwback movie review

Rating: 3 out of 5.

Film ini adalah film zombie pertama yang saya tonton dan membuat mata berkaca-kaca. Saya tidak pernah membayangkan film genre ini bisa dibuat mengharukan dan sejujurnya saya pikir tidak akan ada yang berbeda dari film ini dengan film zombie lainnya.

Film ini saya pilih untuk tema Throwback Thursday pertama di awal 2021 karena saya penggemar film zombie dan sekilas film ini cukup membuat penasaran.

Sinopsis

Film ini diawali dengan pasangan suami istri, Andy dan Kay, serta putrinya yang masih bayi, Rosie. Mereka bertiga tinggal di sebuah kapal karena menyebarnya epidemi dimana orang2 yang tergigit oleh mereka yang terkena epidemi, akan berubah menjadi zombie dalam waktu 48 jam.

Suatu ketika Andy melihat sebuah kapal lain yang sudah terbengkalai dan ia pun masuk dan mengambil persediaan makanan yang ada. Malangnya, setelah Andy kembali ke kapalnya dengan aman, Kay mengikuti jejak Andy. Ia masuk ke dalam kapal terbengkalai tersebut dan tergigit oleh sesuatu.

Sadar akan apa yang akan terjadi, Andy berusaha mencari jalan untuk menyelamatkan Kay dan juga melindungi putrinya Rosie.

Review

Ada beberapa hal yang berbeda dalam film ini, salah satunya adalah perubahan menjadi zombie membutuhkan waktu 48 jam. Ini elemen yang menarik walaupun tetap tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghentikan perubahan. Lokasi cerita pun berpusat diluar dari perkotaan dimana umumnya film zombie lebih berada di tengah keramaian yaitu pusat kota.

Hal unik lainnya adalah film ini tidak berfokus pada penyebaran epidemi dan aksi laga untuk menyelamatkan diri tetapi lebih berfokus pada perjuangan sang ayah, Andy, untuk melindungi dan mencari orang yang tepat untuk melindungi putrinya, Rosie. Puncaknya di penghujung film cerita berkembang menjadi sangat mengharukan dan menjadi penutup yang sempurna.

Meskipun endingnya mengharukan tetapi unsur horrornya tetap ada dengan proporsi yang pas. Gejala2 yang muncul sebelum mereka berubah pun terasa natural dan lebih masuk akal.

Akting Martin Freeman yang menjadi pusat keberhasilan mood yang dibangun sepanjang film, didukung pula oleh Simone Landers sebagai Thoomi.

Bila anda mencari film zombie yang berbeda untuk ditonton akhir pekan, saya merekomendasikan film Cargo ini.

Sutradara : Ben Howling, Yolanda Ramke Penulis Skenario : Yolanda Ramke Pemeran Utama : Martin Freeman, Simone Landers, Susie Porter

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: