Skip to content

Chimera (2021) – season 1 review

Rating: 4 out of 5.

Akhirnya film Korea bertemakan crime mystery kembali membuat saya excited dan tidak sabar menanti episode2 berikutnya serta plot twist apa yang akan dimunculkan nantinya.

Judul series ini sempat membuat saya ragu tentang storylinenya tetapi setelah mulai menonton episode pertama, saya langsung terhanyut dengan ceritanya dan seperti biasa berusaha menebak siapakah Chimera.

Episode pertama dibuka dengan sebuah kasus meledaknya mobil di tengah kota hingga menewaskan pengemudinya, Son Wan Ki. Anehnya lagi penyebab meledaknya mobil tersebut tidak diketahui. Cha Jae Hwan, seorang detektif yang ditugaskan menangani kasus ini bersama dengan seorang agen FBI yang bertugas di Korea, Eugene Hathaway.

Di tengah penyelidikannya, Jae Hwan menemukan kemiripan dari kasus yang sedang dihadapinya dengan kasus dari 35 tahun lalu yang diberi nama Chimera. Ketika ia berusaha mengemukakan pendapatnya ini pada Kapten Han, ia ditolak mentah2. Saat Jae Hwan menemukan bahwa seorang dokter bedah, Lee Joong Yeop, memiliki koneksi dengan Son Wan Ki, tetapi saat ia mencurigai dokter bedah ini, dia justru termakan jebakan lainnya.

Saya sangat menyukai ide cerita film ini dan metode berbeda yang digunakan dalam pembunuhan berantai ini yang secara tidak langsung memberikan sedikit pelajaran tentang kimia. Misterinya membuat saya terus memutar otak dengan setiap fakta yang ada dan kaitannya dengan kasus yang terjadi 35 tahun lalu. Ketika kita dibawa untuk mencurigai sang dokter bedah, karakter lain yang sempat muncul dengan tulisan blognya, kembali dengan sisi lain yang membuatnya terlihat mencurigakan. Disaat kemunculan karakter kedua inilah saya mulai merasakan keseruan meningkat, penonton diberikan pilihan lain dan menebak kembali diantara keduanya.

Yang saya kagumi dari film2 Korea adalah detail yang cukup lengkap, bagaimana layout TKP, cara detektif Jae Hwan satu demi satu mengupas misteri hingga menemukan petunjuk berikutnya, latar belakang cerita yang mendukung, keterkaitan masing2 karakter di masa lalu dan kaitan lainnya dengan karakter2 baru di masa sekarang, semua detail yang lengkap seakan benar2 terjadi dan membuat penonton merasa diajak untuk ikut memecahkan misteri tersebut.

Enam episode awal yang menegangkan dan sangat sayang bila dilewatkan. Chimera bisa kalian tonton di Viu dan episode ke 7 akan tayang tanggal 20 November. Enjoy!

Sutradara : Kim Do Hun, Do-Hoon Kim Penulis Skenario : Lee Jin-mae Pemeran : Park Hae Soo, Claudia Kim, Lee Hee-joon, Cha Joo Young

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: