Skip to content

Death on the Nile (2022) – movie review

Rating: 3 out of 5.

Sebagai penggemar novel2 karya Agatha Christie saya sudah menantikan film ini, walaupun tentunya mengadaptasi sebuah novel misteri terkenal yang menceritakan tentang petualangan seorang detektif Hercule Poirot dalam menyelesaikan kasus pembunuhan, memiliki tantangan tersendiri.

Film diawali dengan pasangan Jacqueline de Bellefort dan Simon Doyle yang baru saja bertunangan namun ketika Jacqueline mengenalkan Doyle dengan sahabatnya, Linnet Ridgeway, mereka justru saling jatuh cinta dan berakhir dengan pernikahan antara Doyle dan Linnet. Dalam rangka merayakan pernikahannya, Doyle dan Linnet mengundang beberapa teman dekat, termasuk Bouc yang kemudian mengajak sahabatnya sang detektif Hercule Poirot, untuk berlayar dan berwisata mengarungi Sungai Nil. Tetapi kebahagiaan Doyle dan Linnet harus berakhir ketika Jacqueline muncul dan keadaan semakin menegangkan ketika Linnet ditemukan terbunuh.

Menurut saya Kenneth Branagh menggambarkan Death on the Nile dengan cukup menarik tetapi dengan keterbatasan durasi, pendalaman dan latar belakang setiap karakter terasa terlalu dangkal. Salah satu hal yang saya sukai dari novel2 Agatha Christie adalah latar belakang setiap karakter yang menunjukkan keterkaitan dengan korban dan motif untuk melakukan kejahatan, lalu muncul fakta2 baru yang mempersempit daftar tersangka. Bagian terbaik dari membaca novel karya Agatha Christie adalah setiap pembaca seakan diajak untuk ikut mengumpulkan informasi dan membuat dugaan calon tersangka, ini merupakan faktor utama yang tidak saya temukan dalam film Death on the Nile.

Secara visual saya menyukai setiap detail yang ditampilkan, bagian opening yang menunjukkan latar belakang Poirot di masa muda dan alasan dibalik kumis tebalnya yang secara tidak langsung memiliki kaitan dengan kasus yang akan ia hadapi di Mesir, begitu pula sinematografi, make up dan costume design yang didukung pula dengan pemandangan menakjubkan dari Sungai Nil.

Meskipun gambaran tentang Hercule Poirot terasa sedikit berbeda dari apa yang saya bayangkan selama membaca novel2 Agatha Christie tetapi karakternya masih memiliki khas tersendiri. Beberapa karakter lainnya seperti memiliki chemistry yang kurang dalam sehingga kurang terasa bahwa masing2 karakter memiliki motif yang sama2 mencurigakan.

Secara keseluruhan saya merasa film ini cukup memuaskan dan saya berharap novel ini nantinya akan diadaptasi ke dalam bentuk serial sehingga tidak ada detail yang terlewatkan.

Sutradara : Kenneth Branagh Penulis Skenario : Michael Green, Agatha Christie (novel) Pemeran : Kenneth Branagh, Gal Gadot, Emma Mackey, Armie Hammer, Tom Bateman, Annette Bening, Letitia Wright, Sophie Okonedo, Ali Fazal, Rose Leslie, Dawn French, Jennifer Saunders.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: