from season 1 horror series review

From (2022) – season 1 review

Rating: 3 out of 5.

Sekilas film ini mengingatkan saya dengan nasihat orang tua waktu saya kecil untuk tidak keluar setelah maghrib karena bagian openingnya memperlihatkan seorang laki2 yang berkeliling kota sambil membunyikan lonceng kecil dan mengingatkan orang2 untuk segera pulang dan masuk ke rumah sebelum hari menjelang gelap.

Selain itu setiap rumah dipasang semacam jimat yang digantung di dekat pintu masuk, sayangnya hal itu tidak berguna jika orang yang berada di dalam rumah terbujuk untuk mengijinkan monster menyerupai manusia, yang berkeliaran setelah malam untuk masuk ke dalam rumah.

Kelemahan tersebut terutama terjadi pada anak kecil dimana di episode pertama seorang anak perempuan terlihat dengan mudahnya membukakan jendela untuk salah satu monster tersebut karena ia mengaku sebagai neneknya. Setelah kejadian mengerikan tersebut terjadi, muncul kejadian aneh berikutnya yaitu kecelakaan antara dua kendaraan baru yang terjebak disaat yang bersamaan di kota tersebut sehingga beberapa orang harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan semuanya.

Sebenarnya saya cukup tertarik dengan konsep film ini yang sekilas mengingatkan akan film Dead End yang membuat orang terus berputar2 di sebuah kota dan tidak bisa keluar, ditambah lagi adanya monster mengerikan yang selalu muncul di malam hari. Saya penasaran monster apa yang sebenarnya menyerang orang2 di kota itu, apa yang menjebak mereka di dalam kota tersebut dan apakah mereka akan bisa keluar dari kota itu.

Konsep dimana monster tersebut mampu berwujud seperti manusia dan memanipulasi orang2 untuk bisa membuka pintu, merupakan ide yang menarik. Lalu misteri demi misteri mulai bermunculan seperti suara radio yang berbunyi di saat2 tertentu, beberapa orang mulai dipengaruhi suara2 yang mengetahui hal2 yang rahasia dan pohon berlubang yang berfungsi sebagai pintu menuju tempat lain.

Sayangnya cerita ini hanya menarik di lima episode awal, sementara di episode2 berikutnya terlalu banyak hal2 baru yang muncul padahal apa yang membuat saya penasaran di awal saja masih belum mendapatkan penjelasan. Saya tidak keberatan dengan beberapa misteri yang menggantung tetapi disini semua misteri dari awal dibiarkan menggantung bahkan ditambah dengan banyak misteri2 lainnya.

Series ini masih menarik untuk ditonton tetapi jangan berharap banyak akan adanya jawaban dari setiap misteri yang muncul. Pada akhirnya di penghujung season 1 ini saya merasa sama sekali tidak ada pertanyaan yang terjawab dan tidak ada closure sama sekali untuk apa yang terjadi di season 1. Apa intinya seluruh series ini bila tidak ada satupun pertanyaan yang terjawab?

Sutradara : Jack Bender, Jennifer Liao, Jeff Renfroe, Brad Turner Penulis Skenario : John Griffin, Javier Grillo-Marxuach, Vivian Lee Pemeran : Harold Perrineau, Catalina Sandino Moreno, Eion Bailey, David Alpay, Elizabeth Saunders, Scott McCord, Ricky He, Chloe Van Landschoot, Pegah Ghafoori, Corteon Moore, Hannah Cheramy, Simon Webster, Avery Konrad, Elizabeth Moy.