Choose or Die (2022) – Netflix review

Rating: 3 out of 5.

Film Choose or Die adalah film tipikal horror survival terbaru dari Netflix dimana Kayla dan Isaac menemukan sebuah video game 80’an yang membuat siapapun yang memainkannya harus memilih atau mati.

Kayla mulai melihat dan memainkan video game yang ia temukan di sebuah cafe. Ia merasakan keanehan sesaat setelah game tersebut dimulai karena game tersebut seakan mengetahui dimana dan dengan siapa ia di ruangan tersebut, bahkan game tersebut mengetahui setiap ucapan yang dikatakan pelayan cafe tersebut pada Kayla. Tidak berhenti sampai disini, Kayla akhirnya menyadari bahwa game ini berbahaya ketika pilihan yang ia pikir terlihat paling tepat, ternyata tidak seperti yang ia pikirkan.

Oke, film ini memang terlihat tipikal genre survival dari segi storyline tetapi konsep gamenya sendiri cukup menantang dengan pilihan yang menjebak dan tidak mudah. Somehow, film semacam ini selalu membuat penonton penasaran terutama bagian endingnya, apakah Kayla akan selamat atau tidak.

Sepertinya tipe film horror survival semacam ini tidak memerlukan background cerita, perhatian kita seakan fokus pada permainan dan cara si pemain mengalahkan game tersebut. Tetapi Toby Meakins tidak membuat Choose or Die untuk hanya fokus pada permainannya saja melainkan juga memberi latar belakang tentang video game tersebut dan bagaimana cara game tersebut mampu mempengaruhi realita. Walaupun latar belakang cerita tersebut tidak bisa sejelas yang diharapkan tetapi cukup untuk melengkapi keseluruhan storyline.

Selain itu, pilihan pemerannya pun menjadi salah satu daya tarik yang membuat film ini lebih hidup dan believable. Asa Butterfield yang sering wara-wiri khususnya di film yang bergenre fantasy, beberapa filmnya yang saya tonton yaitu Nanny Mcphee Returns, Hugo, Ender’s Game, Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children, dan The Space Between Us. Film ini sepertinya merupakan film horror pertamanya and he’s not bad.

Iola Evans memiliki track yang serupa dengan Asa Butterfield, walaupun secara kuantitas pengalamannya belum sebanyak Asa Butterfield, tetapi saya tetap menyukai akting dan perannya di film ini.

Bagian ending Choose or Die menyuguhkan sesuatu yang sedikit berbeda walaupun bukan sesuatu yang mengejutkan. Choose or Die mulai tayang di Netflix tanggal 15 April 2022. Don’t miss it!

Sutradara : Toby Meakins Penulis Skenario : Simon Allen, Toby Meakins, Matthew James Wilkinson Pemeran : Iola Evans, Asa Butterfield, Eddie Marsan, Robert Englund, Kate Fleetwood, Ryan Gage, Angela Griffin, Joe Bolland