Skip to content

Gannibal (2022) – season 1 review

Rating: 3 out of 5.

Series yang diadaptasi dari manga populer karya Masaaki Nimomiya dan mulai tayang tanggal 28 Desember 2022 di Disney+ Hotstar ini sudah mulai menghantui saya ketika trailernya muncul. Saya sangat jarang menonton film horror Jepang karena stylenya yang terlalu unik dan sepertinya bukanlah style favorit saya meskipun ini membuat film-film Jepang memiliki ciri khas yang berbeda dari film-film negara lain. Tetapi akhir-akhir ini sepertinya film Jepang membuat perubahan dan salah satu film Jepang yang terakhir saya tonton dan saya favoritkan adalah Homunculus yang memiliki unsur misteri dan fantasy.

Series Gannibal ini menceritakan tentang seorang polisi bernama Daigo Agawa yang dipindahtugaskan ke kantor polisi baru di desa Kuge dan membawa serta istri dan anaknya ke desa tersebut. Karakter Agawa sendiri sebenarnya bukanlah tipe yang mudah dibungkam dan menutup mata dengan apa yang terjadi disekitarnya. Sehingga ketika pindah ke desa Kuge dengan misteri besar karena ditemukan mayat dengan luka seperti gigitan binatang lalu polisi yang bertugas sebelumnya di desa tersebut pun masih belum ditemukan, Agawa menjadi semakin curiga bahwa hal-hal tersebut ada kaitannya dengan penduduk desa tersebut.

Saya menunggu hingga episode ke 4 sebelum saya menuliskan review ini karena di episode inilah sebuah plot twist muncul sekaligus tanda tanya baru. Sejauh ini belum ada misteri yang benar-benar terjawab tetapi ada dua hal baru di episode empat ini yang membuat saya semakin tertarik.

Series dibuka dengan hilangnya polisi yang bertugas di desa Kuge setelah ia menemukan fakta mengerikan tentang apa yang terjadi di desa tersebut. Agawa menggantikan polisi yang hilang tersebut dan membawa istrinya Yuki dan anaknya Mashiro tinggal di desa Kuge. Mashiro tidak banyak berbicara karena trauma tetapi satu adegan ketika Mashiro bertemu dengan sosok mengerikan yang tiba-tiba muncul di awal kepindahan mereka, membuat saya bertanya-tanya apa yang membuat Mashiro bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat.

Lalu penonton digiring untuk fokus pada keluarga Goto yang cukup frontal dan seakan selalu memperlihatkan ketidaksukaannya pada pendatang baru. Bahkan pihak kepolisian pusat pun menyuruh Agawa untuk tidak menyentuh keluarga Goto. Tetapi bukan hanya keluarga Goto saja yang bersikap aneh melainkan seluruh penduduk desa Kuge.

Series ini adalah series horror pertama dari Jepang yang membuat saya tertarik. Misterinya dan alur ceritanya membuat saya selalu berpikir misteri dan rahasia apa sebenarnya yang disimpan di desa Kuge ini. Lalu siapa pria kanibal menyeramkan yang muncul di akhir episode 1? Dan apa yang sebenarnya terjadi dengan polisi yang bertugas di desa Kuge sebelumnya hingga membuat istri polisi tersebut mengalami gangguan kejiwaan?

Begitu banyak pertanyaan dan misterinya sangat membuat penasaran, saya dibuat sama bingungnya dengan Agawa. Karakter-karakter didalamnya pun sama misteriusnya dengan ceritanya sendiri. Seperti Agawa, saya pun mulai mempertanyakan dan mencurigai semua orang di desa Kuge terutama ketika menonton episode 4. Kecurigaan yang awalnya hanya berpusat pada keluarga Goto menjadi bertambah besar hingga ke seluruh penduduk desa, yang ternyata sangat kompak dan mengetahui apapun yang terjadi pada keluarga Agawa.

Begitu banyak misteri di desa Kuge dan flashback tentang masa lalu Agawa yang terkait dengan Mashiro menambah intensitas dan membuat series ini layak untuk ditonton. Series Gannibal yang tayang seminggu sekali di hari Rabu ini bisa kalian tonton di Disney+ Hotstar mulai tanggal 28 Desember 2022.

Sutradara : Shinzo Katayama Penulis Skenario : Takamasa Oe Pemeran : Yûya Yagira, Sho Kasamatsu, Riho Yoshioka, Kokone Shimizu, Mitsuko Baishô, Seiji Rokkaku, Baijaku Nakamura

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: