Skip to content

God’s Crooked Lines (2022) – netflix movie review

Rating: 4 out of 5.

God’s Crooked Lines adalah film thriller terbaru dari Spanyol yang diangkat dari sebuah novel yang berjudul “Los Renglones Torcidos de Dios (The Crooked Lines of God)” dari Torcuato Luca de Tena. Film misteri psychological ini luar biasa memutar otak dan saya tidak berhenti menebak cerita mana yang merupakan kejadian sesungguhnya, bahkan sampai film berakhir. Film ini sedikit mengingatkan saya dengan film Shutter Island yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio.

Sinopsis. Film ini berawal ketika seorang wanita bernama Alice Gould yang merupakan seorang detektif swasta diberikan misi untuk mengungkap kasus kematian salah seorang penghuni rumah sakit jiwa. Untuk mengungkap kebenaran dari kematian tersebut, Alice harus masuk ke dalam rumah sakit jiwa tersebut dan satu-satunya cara adalah dengan menjadi pasien. Ketika masuk dan memulai investigasinya, ia justru terlibat dalam kasus lain yang bisa membuatnya terjebak selamanya di rumah sakit jiwa tersebut.

Mungkin apa yang bisa dirangkum dari keseluruhan film ini dijelaskan dalam kalimat dari Dr. Garcia del Olmo “the truth is whatever you make it“. Setidaknya kalimat ini sedikit membantu menjelaskan rangkaian pertanyaan yang muncul setelah film berakhir karena plot twist film ini cukup membuat otak bekerja keras. Tapi justru ini yang membuat saya menyukai God’s Crooked Lines ini. Bukan hanya alur ceritanya yang back and forward tetapi juga plot twistnya, ketika kita mengira sudah mempunyai jawaban dari semua misteri, adegan berikutnya justru membuat kita bertanya-tanya kembali dengan pemikiran awal tadi. Dan ini terjadi sampai ending film.

Bukan hanya dari segi cerita tetapi karakter utamanya Alice, diperankan dengan sangat menarik oleh Bárbara Lennie. Ia berhasil membawa saya sebagai penonton untuk masuk ke dunianya dengan sudut pandangnya dan berhasil membuat saya mempercayai karakter Alice ini dan mencurigai karakter lainnya, termasuk pimpinan rumah sakit jiwa tersebut. Dengan banyak petunjuk yang diberikan tetapi setiap karakter dalam film ini tetap mampu membuat penonton untuk mempercayai apa yang diinginkan.

Plot twistnya harus saya acungkan jempol, dari misteri yang dihadapi Alice muncul misteri berikutnya dan ditambah lagi misteri tentang Alice sendiri yang tak berujung. Ada lebih dari satu cerita tetapi dikondisikan sehalus mungkin sehingga penonton tidak merasakan ada cabang-cabang dalam film ini karena sumber ceritanya tetap satu dan kuat.

Durasi film ini memang cukup panjang tetapi saya tidak menganggapnya sebagai suatu kekurangan. Film ini justru membuat saya salut dan dari beberapa film-film misteri asal Spanyol yang sudah saya tonton, saya pikir mereka memiliki prospek dalam genre ini.

Semua elemen dalam film ini bisa dibilang sangat berhasil, mulai dari alur cerita, plot twist, para pemeran dan juga sinematografinya. Kalau kalian pecinta film misteri, jangan lewatkan yang satu ini. God’s Crooked Lines mulai tayang di Netflix tanggal 9 Desember 2022.

Sutradara : Oriol Paulo Penulis Skenario : Oriol Paulo, Guillem Clua, Lara Sendim Pemeran : Bárbara Lennie, Eduard Fernández, Loreto Mauleón, Javier Beltrán, Samuel Soler, Federico Aguado, Lluís Soler, Adelfa Calvo, Dafnis Balduz

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: