Skip to content

Nanny (2022) – movie review

Rating: 2.5 out of 5.

Film Nanny ini berusaha memfokuskan cerita tentang imigran dan impiannya lalu memberikan selipan nuansa horror didalamnya tetapi ada beberapa hal yang membuat film ini terasa terlalu ingin mencapai banyak hal dan justru tidak semuanya tercapai.

Sinopsis. Seorang imigran dari Senegal bernama Aisha berusaha untuk memulai lembaran baru di kota New York. Ia mendapat pekerjaan sebagai pengasuh anak dari keluarga Amy dan Adam. Dari pekerjaannya itu, Aisha berusaha menyimpan penghasilannya untuk membawa putranya tinggal bersama dirinya di kota New York tetapi tiba-tiba Aisha kehilangan komunikasi dengan putranya dan mimpi buruk pun mulai menghantuinya.

Film perdana dari Nikyatu Jusu ini berusaha menggambarkan sisi horror dari seorang ibu yang harus bekerja di negara lain terpisah dari putra satu-satunya, dengan segala tantangannya. Aisha menyimpan penghasilannya untuk membawa anaknya tinggal bersama dengan dirinya. Ada perasaan bersalah dan hampa yang menghantui karena jauh dari anak. Tetapi film ini tidak hanya fokus pada ikatan batin melainkan banyak unsur lain sehingga saya kurang merasa terhubung dengan ceritanya.

Saya memahami mengapa keluarga Amy dan Adam digambarkan dengan masalah sedemikian rupa tetapi rasanya proporsinya terlalu banyak dan tantangan yang harus dilalui Aisha pun terasa kurang ekstrem, begitu pula dengan atmosfer horrornya.

Tetapi diluar itu semua saya menyukai ide ketakutan, kekhawatiran, rasa bersalah, kesedihan, kerinduan yang menghantui Aisha dan semua hal itu digambarkan dengan elemen horror yang tepat. Memasukkan unsur cerita-cerita lokal tentang Mami Wata dan Anansi yang melambangkan kelangsungan hidup dan perlawanan bagi orang-orang yang tertindas merupakan sesuatu yang menarik tetapi saya sedikit berharap atmosfer horrornya jauh lebih dark. Kenapa? Karena menurut saya kehilangan seorang anak merupakan hal terburuk dan saya membayangkan bagaimana gelapnya duka yang dirasakan seorang ibu.

Anna Diop luar biasa sebagai Aisha dan Michelle Monaghan pun tetap mampu menarik perhatian meskipun perannya tidak banyak. Saya juga menyukai lighting dan tone dari film ini, sangat mendukung dengan konsep surealis yang ditampilkan.

Bila penasaran, segera tonton film Nanny di Prime Video mulai 16 Desember 2022.

Sutradara : Nikyatu Jusu Penulis Skenario : Nikyatu Jusu Pemeran : Anna Diop, Michelle Monaghan, Sinqua Walls, Morgan Spector, Rose Decker, Leslie Uggams

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: