Skip to content

Hellbound (2021) – season 1 review

Rating: 4 out of 5.

Film ini terlalu menarik untuk berakhir hanya di season 1 tapi sebelum itu mari kita review dulu series ini dan membahas apa saja yang menarik.

Film langsung diawali dengan menegangkan ketika seorang pria sedang duduk di cafe, terlihat cemas, dan terus melihat jam di handphonenya. Ketika waktu yang ditunggu tiba, tidak lama terdengar suara gemuruh dan muncullah tiga monster besar bertubuh hitam mengejar pria tersebut lalu mengakhiri hidupnya dan mengubahnya menjadi abu.

Series ini langsung mengingatkan bahwa terkadang manusia selalu mencoba mengartikan khususnya hal buruk yang terjadi dalam kehidupan manusia. Yah terkadang itu merupakan hal baik tetapi dalam series ini ditunjukkan bagaimana manusia bereaksi, ada yang langsung mengambil keuntungan meskipun ia tahu bahwa hidupnya tidak lama lagi. Jeong Jin-soo mengetahui prediksi kematiannya dan mengaku melihat tiga monster besar yang ia anggap adalah malaikat kematian. Ia juga menyatakan bahwa malaikat tersebut dikirim ke bumi untuk membunuh orang2 yang melakukan dosa dan menegakkan kembali kebenaran dan keadilan. Ia semakin terkenal dengan menjadi Ketua aliran religius baru The New Truth sejak menyiarkan secara langsung kematian seorang ibu dari dua orang anak.

Arrowhead adalah kelompok lain yang berusaha menghakimi jauh lebih dulu dan mentargetkan siapapun yang berada dalam lingkungan terdekat dari mereka yang menerima prediksi kematian karena juga dianggap adalah pendosa.

Banyak kekerasan dalam series ini yang berusaha menunjukkan ketika manusia berusaha main hakim sendiri dan merasa paling benar bahkan menjadikan apapun sebagai kebenaran demi kepentingan diri ataupun kelompoknya. Terasa sangat tidak asing pastinya.

Level sadisnya bahkan buat saya yang sering menonton horror sangat brutal tetapi yang lebih membuat terasa sadis bukanlah ketika hukuman mati dijalankan tetapi justru mereka yang menonton dan seakan tidak memiliki kesalahan sedikitpun sehingga merasa berhak untuk menuding siapa yang salah begitu pula dengan vlogger yang mampu menghasut orang untuk main hakim sendiri, dan ia bahkan tidak merasa bersalah hingga akhir. Sekali lagi permainan karakter tentang sisi manusia yang luar biasa dari film Korea.

Saya pikir tiga monster besar dengan CGI effect yang bagus ini ditempatkan bukan untuk diterjemahkan literally, bahkan keseluruhan series ini sebenarnya sedang menunjukkan bahwa tidak semua hal bisa kita pahami mentah2 sendiri seakan semua hal didunia yang diciptakan oleh yang tak terbatas ini mampu diterjemahkan oleh manusia yang terbatas. Saya pribadi lebih takut melihat manusia2nya dibandingkan dengan monster yang selalu muncul bertiga ini, yang membuat saya bertanya dalam hati, kenapa harus tiga. Oh dan endingnya cukup mengejutkan dan bisa dipastikan kita akan melihat season 2.

Jangan lewatkan Hellbound yang tayang di Netflix mulai 19 November 2021.

Sutradara : Yeon Sang-ho Penulis Skenario : Choi Kyu-seok Pemeran : Yoo Ah-in, Kim Hyun-joo, Park Jeong-min, Won Jin-a, Yang Ik-june

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: