Skip to content
incantation-2022-review-film

Incantation (2022) – movie review

Rating: 3 out of 5.

Film Horror Taiwan yang cukup ramai dibicarakan sejak awal muncul di Netflix ini menceritakan tentang seorang wanita yang melanggar ritual dan mendapat kutukan, tidak hanya dirinya tetapi anaknya pun mengalami hal yang mengerikan. Film ini nampaknya diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi di Gushan District tahun 2005.

Diceritakan Li Ronan, Dom dan Yuan yang tergabung dalam kelompok pembasmi hantu berusaha menyelidiki tentang terowongan terlarang untuk konten di channel youtube mereka berikutnya. Keluarga Chen yang tinggal di desa dimana terowongan tersebut berada, masih memiliki hubungan keluarga dengan Dom dan Yuan. Awalnya Ronan ditolak untuk menginjakkan kaki di desa tersebut tetapi setelah mengetahui bahwa Ronan hamil mereka mengijinkan Ronan untuk tetap tinggal bahkan ikut melakukan ritual. Mereka bertiga diam-diam menyelidiki apa yang ada di dalam terowongan terlarang serta ritual apa yang sedang dilakukan di tempat tersebut. Sayangnya rasa ingin tahu membuat nasib buruk bahkan kematian menimpa mereka.

Enam tahun kemudian Li Ronan membawa putrinya Dodo pulang setelah menitipkannya di panti asuhan karena ia harus dirawat di rumah sakit jiwa. Hari pertama Li Ronan membawa Dodo ke rumahnya banyak hal-hal aneh yang terjadi terutama pada Dodo.

Sepintas film ini sedikit mengingatkan dengan film The Ring dengan videotape yang menyebarkan kutukan tetapi film yang dikemas dengan found footage ini berhasil menanamkan horror dengan vibe yang berbeda, lebih gelap dan yang pasti lebih membuat tidak nyaman. Di titik tertentu bahkan saya hampir terpengaruh dan tanpa sadar mulai berpikir bagaimana seandainya ini nyata. Ini merupakan bukti bahwa film ini cukup berhasil meskipun dengan nuansa horror yang berbeda.

Bahkan meskipun sebagian besar pemerannya tidak saya kenal pun tidak merubah fakta bahwa film ini hampir berhasil membuat saya percaya, dan membuat rasa tidak nyaman dengan beberapa visual yang ditampilkan. Sepertinya film horor Taiwan mulai merangkak naik dan menunjukkan kualitas yang menonjol. Saya tidak sabar menantikan film-film horror produksi Taiwan berikutnya.

Sutradara : Kevin Ko Penulis Skenario : Che-Wei Chang, Kevin Ko Pemeran : Hsuan-yen Tsai, Mohamed Elgendy, Ying-Hsuan Kao, Sean Lin, Ching-Yu Wen, Ahmed Shawky Shaheen

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: