Skip to content

Kingdom : Ashin of the North (2021) – movie review

Rating: 3.5 out of 5.

Kalau kalian pengikut setia netflix original series Kingdom, pasti kalian bakal ngerti jalan cerita episode spesial netflix yang satu ini karena sosoknya muncul di penghujung Kingdom season 2.

Ashin, seorang gadis kecil, salah satu dari segelintir rakyat Jurchen yang tinggal di Joseon dan disebut Seongjeoyain. Mereka tinggal di Joseon selama lebih dari 100 tahun dan mereka tidak dianggap sebagai rakyat Jurchen maupun rakyat Joseon. Mereka dianggap sebagai kaum terbuang dan dipandang rendah, satu adegan kecil ketika keranjang daging yang dibawa rakyat Joseon tersentuh oleh ayah Ashin, langsung dilap dan dibersihkan seketika.

Keadaan semakin bertambah rumit ketika lima belas orang dari suku Jurchen Pajeowi yang mencari ginseng liar di daerah terlarang Pyesa-gun, habis dibantai. Ayah Ashin diutus untuk menyebarkan rumor bahwa yang membunuh orang2 tersebut adalah harimau, walaupun kenyataannya berbeda. Ayah Ashin membantu tentara Joseon dengan harapan mendapat jabatan di pemerintahan dan bisa hidup terhormat, tetapi tentunya hal tersebut merupakan harapan kosong belaka.

Sebenarnya saya ingin memberi empat bintang tetapi separuh awal film terasa sangat panjang walaupun saya mengerti bahwa latar belakang cerita ini memang penting dan perlu disajikan secara detail. Meskipun panjang tetapi suasana menegangkan tetap dibangun dengan apik dan sinematografinya tetap mengagumkan.

Kingdom : Ashin of the North

Cerita mulai berjalan lebih menegangkan ketika Ashin beranjak dewasa dan melatih dirinya untuk membalas dendam. Ashin berharap besar pada Joseon untuk membalaskan dendam ayahnya dan bersedia menjadi mata2 sama seperti ayahnya. Ia dibiarkan tinggal di Joseon, terasing dan melakukan semua pekerjaan berat. Ia tumbuh menjadi wanita kuat dan mandiri namun ketika ia menyadari kenyataan yang sebenarnya terjadi dan mengetahui siapa yang bertanggung jawab akan kematian seluruh keluarganya, jiwa dan pikirannya penuh dengan amarah dan dendam hingga ia bersedia membayar harga mahal demi membalas dendam dan mempertahankan apa yang tersisa dari keluarganya.

Selain dari segi storyline, film Korea ini sangat pintar dalam memilih karakter2 yang cocok khususnya untuk peran utama. Jun Ji-Hyun sangat pas memerankan Ashin, dingin, penuh dendam, walaupun terlihat keren di satu sisi tetapi di sisi lain ia memiliki jiwa psikopat yang sangat menakutkan karena ia sudah kehilangan segalanya dan tidak ada kerugian apapun yang terjadi.

Dari edisi spesial ini saya mulai memahami latar belakang cerita Kingdom season 1 dan 2, dan semakin tidak sabar menunggu hadirnya season 3. Episode spesial Netflix Kingdom : Ashin of the North ini sudah bisa kalian tonton di Netflix mulai 23 Juli 2021. Jangan lewatkan!

Sutradara : Seong-hun Kim Penulis Skenario : Eun-hee Kim Pemeran : Jun Ji-Hyun, Byeong-eun Park, Si-ah Kim, Roi-ha Kim, Kyo-hwan Koo

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: