Skip to content

Mr. Harrigan’s Phone (2022) – movie review

Rating: 3.5 out of 5.

Film ini berdasarkan salah satu dari cerita pendek dalam novel Stephen King yang berjudul “If It Bleeds”. Setelah menonton film yang tayang di Netflix ini saya langsung mencari novel tersebut dan membacanya, berusaha menemukan sesuatu yang lebih. Tidak ada hal yang berbeda secara signifikan antara keduanya. Saya pikir John Lee Hancock menggambarkan cerita pendek Stephen King dengan pas.

Film dibuka dengan set up tahun 2003 di sebuah kota kecil Harlow, Maine, dimana John Harrigan merupakan orang terkaya. Ketika ia melihat Craig membaca ayat dari Alkitab di gereja, ia langsung menghubungi ayah Craig dan meminta Craig untuk membacakan buku untuknya dengan upah 5 dollar perjam. Sejak mulai bekerja dengan Mr Harrigan, Craig mulai menerima tiket undian darinya dan saat Natal ia mendapatkan uang dengan jumlah yang sangat besar dari tiket lotere Red Devil yang ia terima. Ia mendapat hadiah yang ia inginkan dari ayahnya, sebuah Iphone dan dari uang hasil tiket undian yang ia dapatkan, ia memutuskan untuk membelikan iphone yang sama untuk Mr Harrigan. Ia mengajarkan bagaimana menggunakan iphone tersebut dan Mr Harrigan pun menjadi sangat tertarik lalu memutuskan untuk memakainya. Suatu sore ketika Craig pergi ke rumah Mr Harrigan untuk membacakan buku, ia menemukan Mr Harrigan terbaring kaku dan tidak bernafas. Di hari itu, Craig mengambil iphone milik Mr Harrigan lalu menaruhnya kembali di saku Mr Harrigan pada saat pemakaman. Hal aneh kemudian terjadi ketika ia menelpon no Mr Harrigan setelah ia dimakamkan dan mendapat pesan balasan keesokan harinya.

Banyak yang tidak terlalu menyukai film ini padahal bila membaca dari bukunya, gambarannya tepat dengan apa yang disajikan dalam film. Yah ada tambahan detail-detail kecil yang membuat nuansa misterinya lebih terasa tetapi juga ada bagian-bagian yang dihilangkan walaupun menurut saya tidak ikut menghilangkan inti cerita.

Saya selalu menyukai karya-karya Stephen King, ia mampu menyampaikan cerita horror tanpa harus berlebihan, selalu menyinggung tentang nilai-nilai moral, dan membuat saya berpikir lebih dalam tentang pesan yang terselip di dalamnya. Horror tidak harus melulu menampilkan sosok-sosok seram yang selalu mengejutkan, horror tidak melulu atraksi menegangkan dari awal hingga akhir. Justru cerita-cerita horror yang memiliki pesan moral merupakan cerita horror terbaik menurut saya.

Saya menyukai bagaimana nuansa horror yang diberikan meninggalkan sebuah tanda tanya bagi kita yang menontonnya dan memberikan kebebasan bagi setiap pembaca maupun penontonnya untuk memahami apa yang ingin disampaikan.

Penekanan tentang teknologi yang dari satu sisi memberikan seluruh dunia dalam satu genggaman tetapi di sisi lain juga memberikan dampak-dampak negatif, bagaimana karakter Craig mendapatkan keberuntungan ketika ia berteman dengan Mr Harrigan tetapi ia tidak boros ataupun sombong, hal-hal kecil yang sangat menarik menurut saya. Dalam novelnya persahabatan antara Craig dan Mr Harrigan lebih terasa sehingga lebih mudah dipahami rasa kehilangan yang dirasakan Craig dan mengapa ia menulis pesan maupun menelpon no nya walaupun ia sudah tiada.

Donald Sutherland menggambarkan Mr Harrigan dengan sangat tepat. Seorang milyuner yang tidak terlalu disukai tetapi hubungannya dengan Craig memberikan perspektif yang berbeda tentang dirinya. Craig juga diperankan dengan sangat menarik oleh Jaeden Martell yang tentunya sudah tidak asing lagi khususnya bagi pecinta film horror. He’s definitely a brilliant young man. Bahkan ketika saya mengulang beberapa kali untuk menonton ulang saya tidak merasa bosan melihat aktingnya.

Saya menyukai versi dari John Lee Hancock ketika Mr Harrigan meninggal dan Craig membacakan buku untuk Mr Harrigan, momen sedihnya lebih terasa, sedangkan di dalam cerita aslinya Craig menunggu di luar.

Walaupun slow burn saya pikir film ini menarik, memang untuk para penggemar horror yang haus akan action maupun pure horror akan kecewa, apalagi endingnya yang juga membuat saya membutuhkan penjelasan lebih hingga membaca novelnya. Pesan samar yang dibalas ke handphone milik Craig juga masih menjadi tanda tanya buat saya.

Film Mr Harrigan’s Phone sudah bisa kalian tonton di Netflix mulai 5 Oktober 2022.

Sutradara : John Lee Hancock Penulis Skenario : John Lee Hancock (Based on the short story by Stephen King) Pemeran : Jaeden Martell, Donald Sutherland, Joe Tippett, Kirby Howell-Baptiste, Cyrus Arnold, Colin O’Brien, Thomas Francis Murphy, Peggy J. Scott

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: