Skip to content

Parasite (2019) – movie review

Jujur, saya harus nonton film ini dua kali biar lebih mengerti jalan ceritanya. Pertama kali nonton agak bosen karena di awal kayaknya ritme ceritanya agak lambat dan drama banget, ini mungkin karena ekspektasi saya ini adalah film tentang virus dan zombie. Maklum saya ngga baca-baca sinopsis dulu, tapi ini memang film horror lebih tepatnya mungkin black comedy thriller. Dan selama bertahun-tahun nonton film horror, film ini memang terasa beda banget. Film ini menunjukkan bagaimana ambisi, keserakahan dan sakit hati manusia bisa berujung hal yang buruk, dan ini memang sering terjadi di kehidupan nyata. Film yang disutradarai oleh Bong Joon Hoon ini sederhana tetapi luar biasa.

Sinopsis

Film ini diawali dengan latar belakang kehidupan keluarga Ki Taek yang beranggotakan empat orang, sang ayah Kim Ki Taek, sang ibu Choong Sook, sang putra Ki woo, dan putrinya Ki jeong. Diceritakan mereka sekeluarga adalah pengangguran dan hanya bekerja sebagai pelipat kotak kardus untuk sebuah perusahaan makanan. Mereka juga tinggal di rumah bawah tanah atau semi basement. Choong Sook adalah mantan olahragawan lempar cakram, ini sedikit sindiran sepertinya ya walaupun hanya dishoot sekilas saja.

Suatu hari Min Hyuk, sahabat Ki woo yang akan kuliah ke luar negeri, menawarkan pekerjaannya untuk mengajar privat anak perempuan dari keluarga Park, Da hye. Setelah selesai interview dan berhasil mengambil hati istri Mr. Park, Yeon kyo, tiba2 Ki woo menemukan kesempatan supaya adiknya Ki jeong bisa mengajar di rumah keluarga Park juga. Ia merekomendasikan Ki jeong untuk mengajarkan seni therapy kepada Da song. Setelah Ki woo berhasil memasukkan Ki jeong, giliran Ki jeong yang berusaha memasukkan ayahnya, Kim Ki Taek, dengan memfitnah supir Mr. Park, dan merekomendasikan ayahnya. Dan yang terakhir, mereka merencanakan untuk menyingkirkan pembantu rumah tangga keluarga Park yang sudah lama bekerja di rumah itu, Moon gwang, dan memasukkan ibunya, Choong Sook, sebagai pengganti. Semua berjalan dengan lancar hingga suatu malam ketika semua keluarga Park pergi berkemah, Moon gwang kembali dan terungkaplah hal yang tidak diduga. Suami Moon gwang ternyata selama 4 tahun ini tinggal di basement rumah keluarga Park. Moon gwang juga akhirnya mengetahui bahwa Ki woo, Ki jeung, Kim Ki Taek, dan Choong Sook adalah satu keluarga. Moon gwang mengancam akan melaporkan rekaman yang ia punya ke keluarga Park sehingga terjadilah perkelahian. Di tengah2 perkelahian, keluarga Park ternyata gagal berkemah dan dalam perjalanan pulang. Di tengah kericuhan itu, Chong Sook menendang si pembantu yang berusaha keluar dari basement hingga terjatuh dan kepalanya terbentur tembok.

Keserakahan, dendam, sakit hati, semuanya bercampur aduk dan mencapai puncaknya di hari ulang tahun Da song. Suami Moon gwang yang dendam karena istrinya tidak lama meninggal setelah terjatuh karena gegar otak, memukul kepala Ki woo hingga gegar otak, menusuk Ki jeung, dan berusaha membunuh Choong Sook namun ternyata ia justru terbunuh oleh Choong Sook. Dan di tengah2 hiruk pikuk itu, hal yang kecil justru memicu Kim Ki Taek. Ketika Mr. Park berusaha mengambil kunci dari balik punggung suami Moon gwang sambil menutup hidung, tiba2 Kim Ki Taek tersadar apa yang selama ini keluarga Park bicarakan tentang baunya. Dan itu membuat amarahnya tiba2 memuncak tak terkendali dan menusuk Mr. Park.

Review Storyline & Karakter

Kim Ki Taek dan keluarganya bukanlah psycho seperti halnya film2 horror lain, mereka adalah keluarga normal yang kurang sejahtera meskipun sebenarnya punya keahlian dan cerdas, tergoda dengan keserakahan untuk mendapatkan penghasilan lebih dan menjadi kaya dengan jalan pintas, yang ketika jalannya terhalang dan terancam, berusaha melakukan segala cara untuk tetap mendapat yang diinginkan. Kesenjangan sosial juga mempengaruhi mereka, ketika merasa statusnya lebih rendah dan justru lebih direndahkan, rasa sakit hati itu berganti menjadi amarah yang membutakan mata.

Keluarga Park pun mungkin typikal keluarga kalangan atas yang dengan gampangnya mengganti karyawannya meskipun sangat loyal dan sudah mengabdi lama, yang tidak terlalu memandang orang-orang yang tidak sejajar dengan mereka.

Dari drama, comedy, thriller dan horror semua unsur ada di dalam film berdurasi 2 jam ini dan alur cerita dari lambat di awal dan bergerak semakin cepat hingga puncaknya di akhir film, benar2 mengayun emosi penonton. Two thumbs up!

Sutradara : Bong Joon Ho Penulis Skenario : Bong Joon Ho, Jin Won Han Pemeran Utama : Kang-ho Song, Sun-kyun Lee, Yeo-jeong Jo, Woo-sik Choi, So-dam Park

Rate : ★ ★ ★ ★ ★

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: