Skip to content

0.0 Mhz (2019) – movie review

Film horror Korea yang diadaptasi dari webtoon karangan Jak Jang ini menceritakan tentang sebuah klub mahasiswa beranggotakan 5 orang yang berusaha membuktikan hal-hal supernatural dengan teori 0.0 Mhz, frekuensi gelombang otak manusia yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan roh dunia lain. Mereka berlima Yoon-Jung (Yoon-young Choi), Han-Seok (Shin Joo-Hwan), So-Hee (Eun-ji Jung), Tae-Soo (Won-Chang Jung), Sang-Yeob (Sung-yeol Lee), akan melakukan eksperimen di sebuah rumah di desa yang sudah terbengkalai selama 4 tahun dan ditakuti oleh penduduk desa sekitar karena seorang paranormal pernah dipanggil untuk mengusir hantu penunggu rumah tersebut tetapi paranormal tersebut malah meninggal. Jalan cerita film pun mungkin sudah mulai bisa ditebak ketika eksperimen tidak berjalan lancar dan salah satu dari kelima mahasiswa tersebut mengalami kerasukan, kelimanya kembali tanpa menyelesaikan ritual dengan benar. Satu persatu dari kelima mahasiswa tersebut mulai mengalami gangguan yang berujung kematian.

Film yang disutradarai Yoo Sun-Dong ini memang masih terasa kekurangannya di beberapa bagian, walaupun plot ceritanya bukan hal baru dan sedikit mudah ditebak tetapi sebenarnya cukup menarik apalagi karakter Yoon-Jung yang sangat membantu sehingga horrornya lebih terasa. Malah wujud hantu penunggu rumah tua itu kalah horror dibandingkan Yoon-Jung. Proses pembuktian supranatural dengan teknik 0.0 Mhz pun kurang terlihat, pembuktian dan pengusiran justru didominasi dengan ritual tradisional dengan boneka, jarum, kuku, dan darah sapi. Karakter So-Hee pun yang seharusnya jadi karakter utama yang kuat dengan “kelebihan” yang dimilikinya, terlihat sangat kaku dan tenggelam dibalik pemeran-pemeran yang lain hingga pertengahan film. Yah secara keseluruhan film ini masih bisa dinikmati meskipun dengan beberapa kekurangan itu.

Sutradara : Sun-Dong Yoo Penulis Skenario : Sun-Dong Yoo, Jak Jang (comic) Pemeran Utama : Yoon-young Choi, Shin-Joo Hwan, Eun-ji Jung, Won-Chang Jung

Rate : ★ ★ ☆ ☆ ☆

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: