Skip to content

The Turning (2020) – movie review

Untuk pertama kalinya bingung level maksimal nonton film ini. Apa sih yang sebenarnya terjadi? Ada apa dengan endingnya? Trust me, this movie is confusing, truly, madly, deeply confusing. Sepertinya butuh referensi lebih jauh untuk nonton film ini, kalau masih memaksakan untuk menonton ini ya, atau mungkin harus membaca novelnya dulu. Saya sendiri harus nonton 2 kali untuk memastikan mungkin ada detail yang terlewat, tapi ternyata sama saja hasilnya.

Singkat cerita, seorang wanita bernama Kate Mandell menerima pekerjaan untuk menjadi guru privat dari Flora, anak perempuan keluarga Fairchild yang sangat kaya, ia dan kakak laki2nya, Miles, ditinggal orangtuanya karena kecelakaan tragis. Flora dan Miles hanya diasuh oleh Mrs. Grose, dan Flora selalu belajar dengan seorang guru privat. Tapi lama kelamaan Kate mulai mengalami kesulitan menghadapi kedua anak tersebut, khususnya Miles, dan iapun mulai melihat dan mendengar suara2 aneh di rumah tersebut.

Saya tidak mengerti apakah ini sebenarnya cerita mengenai hantu ataukah psikologi Kate yang menurun dari ibunya ataukah gangguan dari Miles? Kalau ini hanya hantu, tidak ada yang melihat penampakan tersebut kecuali Kate, dan tidak ada keterkaitan dengan ibunya Kate. Kalau ini adalah gangguan atau terror dari Miles pun tidak akan ada keterkaitan dengan ibunya Kate tetapi bisa jadi ini salah satu pemicu ke faktor psikologi Kate. Ok, jadi kemungkinan besar inti film ini adalah psikologi Kate yang ketika dipojokkan dan diterror oleh Miles, menjadi terganggu dan berhalusinasi tentang penampakan Quint dan Jessel. Tetapi kenapa penampakan keduanya bisa persis dengan kejadian sebenarnya. Lalu apa sih yang dilihat Kate di bagian ending? Kenapa di bagian ending tiba2 alur ceritanya berulang lalu berakhir aneh dan tidak ada hubungannya? Ibu Kate hanya muncul di awal sekali dan di akhir lalu apa keterkaitannya dengan 90% dari film ini. I don’t understand this movie at all.

Karakter Flora dan Miles pun seperti berubah2 terkadang menyenangkan dan penurut tetapi terkadang aneh seperti mau terkesan seram tapi malah ga dapet kesan seramnya. Sedikit berharap bahwa Flora dan Miles menyimpan rahasia gelap. Seandainya alur ceritanya jelas mungkin peran Mackenzie Davis sebagai Kate juga akan menarik. Sayangnya dengan kebingungan saya agak sulit untuk memuji setiap karakter di film ini.

Sutradara : Floria Sigismondi Penulis Skenario : Carey W Hayes, Chad Hayes, Henry James (novel) Pemeran Utama : Mackenzie Davis, Finn Wolfhard, Brooklyn Prince, Barbara Marten

Rate : ★ ★ ☆ ☆ ☆

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: