Skip to content

Air Murder (2022) – movie review

Rating: 3.5 out of 5.

Film Air Murder ini didasarkan pada kisah nyata yang terjadi di Korea pada tahun 2011, mengenai kasus disinfektan untuk pelembap udara yang menyebabkan kematian.

Film diawali dengan seorang dokter senior di bagian pusat trauma bernama Jung Tae-Hun. Anaknya Min-woo tiba-tiba tidak sadarkan diri saat sedang latihan berenang bersama teman-temannya. Min-woo segera dilarikan ke rumah sakit tempat ayahnya bertugas dan didiagnosis menderita fibrosis paru.

Setelah mengetahui keadaan Min-woo, ibunya Gil-ju pulang untuk membawa baju ganti tetapi ketika Han Young-Ju tiba di rumah ia mendapati kakaknya itu tak sadarkan diri. Sayangnya Gil-ju tak terselamatkan. Tae-Hun melakukan otopsi dan mendapati paru-paru Gil-ju mengeras parah. Dua kasus serupa yang menimpa istri dan anaknya membuat Jung Tae-hun menyelidiki kasus-kasus serupa lainnya.

Yang paling saya suka dari film-film Korea adalah aktor dan aktrisnya yang luar biasa mendalami perannya dan mampu membawa emosi penonton dengan sangat baik sehingga saya tidak merasa seperti sedang menonton sebuah film.

Ini juga yang saya temui pada film ini, tidak hanya para pemerannya tetapi film inipun memasukkan plot twist di penghujung yang hampir berhasil dan sempat membuat saya percaya dan bertanya-tanya apa yang terjadi. Lalu film ditutup dengan kalimat yang menurut saya sangat bagus.

Salah satu film yang pernah saya tonton dengan kasus yang serupa adalah film Dark Waters. Film inipun bersumber dari kisah nyata yang melawan sebuah korporat besar, Dupont, dan harus menjalani sidang hingga bertahun-tahun lamanya. Buat saya ini adalah horror yang sesungguhnya, ketika mereka sadar bahwa apa yang mereka lakukan berbahaya bagi orang lain tetapi tetap melakukannya bahkan menutupinya demi keuntungan dan keselamatan diri sendiri.

Pada film Air Murder ini yang menjadi titik permasalahan adalah adanya zat PHMG (polyhexamethylene guanidine) yang terkandung dalam disinfektan untuk pelembap udara, yang bila dihirup dalam waktu lama akan berakibat fatal bagi paru-paru. Produk disinfektan ini sudah terjual jutaan lebih di Korea dan yang lebih mengerikan lagi sebagian besar pelembab udara dipasang di kamar anak-anak. Ditambah lagi disinfektan ini sudah mendapat sertifikat keamanan dari pemerintah.

Saya merasa film ini cukup bagus, sangat informatif dan pastinya membawa pesan moral yang penting.

Sutradara : Yong-sun Jo Pemeran : Kim Sang-kyung, Lee Sun-Bin, Yoon Kyung-Ho,

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: