Skip to content

Moloch (2022) – movie review

Rating: 3 out of 5.

Moloch merupakan film horror terbaru dari Belanda. Film dimulai dengan cukup baik tetapi sayangnya setelah itu alur cerita melambat dan baru mulai kembali naik di penghujung film.

Adegan diawali dengan seorang gadis kecil yang berada di ruang penyimpanan dibawah rumah. Tidak lama berselang ia mendengar suara teriakan neneknya dan darah mulai mengalir di sepanjang dinding rumah. Adegan berikutnya langsung memperlihatkan 30 tahun kemudian dimana si gadis kecil bernama Betriek itu sudah tumbuh menjadi wanita dewasa dan tinggal bersama dengan kedua orangtuanya.

Suatu malam seorang pria tiba-tiba berada di dalam rumahnya, ia bersikap sangat aneh dan berusaha menyakiti ibunya. Kejadian-kejadian aneh ini terjadi setelah sebuah jasad wanita yang sangat tua ditemukan oleh Jonas dan timnya.

Konsep film ini adalah sebuah folklore tentang legenda Feike yang berawal dari cerita seorang bangsawan yang jahat bernama Walter dan istrinya Helen. Mereka hidup bergelimang harta dengan belasan pelayan dimana salah satunya merupakan seorang gadis muda bernama Feike. Walter mulai menyukai Feike hingga akhirnya Feike pun hamil. Ketika Helen mengetahui hal tersebut amarahnya tak terbendung, ia menuduh Feike sebagai seorang penyihir yang memantrai suaminya.

Sambil menunggu hukuman di penjara bawah tanah, Feike berdoa kepada dewa untuk meminta pertolongan tetapi dewa berbeda, Moloch, dewa yang mengorbankan anak, yang mendengarkan. Feike mengikat perjanjian dengan Moloch. Keesokan harinya ketika Feike berdiri di tiang pancang, ia menolak mengaku bersalah, melepaskan ikatan tangannya dan mengiris lehernya sendiri. Disaat yang bersamaan dengan napas terakhir Feike, jiwa Helen yang terkutuk meninggalkan raganya. Napas dan kehidupan Helen menjadi milik Feike. Sebagai istri bangsawan dia memanfaatkan pengaruhnya untuk mengambil alih pimpinan Walter dan kebahagiaan serta kemakmuran pun kembali dan ia dianggap sebagai pahlawan.

Penduduk setempat lalu percaya bahwa roh Helen bergentayangan di sekitar rawa, dipenuhi dengan amarah dan dendam, membisikkan kebohongan jahatnya ke telinga orang yang lewat.

Dasar film ini sebenarnya cukup kuat dan meyakinkan, cerita folklore tentang Feike menjadi dasar yang cukup kuat untuk mengembangkan cerita dan menghubungkannya dengan apa yang kemudian terjadi pada Betriek. Dan saya sangat menyukai cerita legenda Feike ini, sebuah latar belakang yang membuat cerita menjadi jelas dan membuat efek horror menjadi lebih terasa.

Menurut saya misteri tentang jasad wanita-wanita yang ditemukan tersebut terungkap dengan tiba-tiba padahal saya cukup senang ketika Betriek dan Jonas diawal sempat menyelidiki bersama tetapi tiba-tiba Betriek muncul di lokasi jasad ditemukan dan mengetahui beberapa hal tentang jasad-jasad tersebut yang tidak dipublikasikan.

Saya menyukai film Moloch ini secara keseluruhan tetapi memang alur yang melambat di pertengahan membuat film ini menjadi kurang disukai walaupun di bagian endingnya ketegangan dan horror mulai meningkat dan ada plot twist di akhir film yang unpredictable.

Moloch is a good horror mystery movie tetapi masih banyak hal yang masih bisa membuat film ini menjadi lebih kuat dan menarik.

Sutradara : Nico van den Brink Penulis Skenario : Nico van den Brink, Daan Bakker Pemeran : Sallie Harmsen, Alexandre Willaume, Edon Rizvanolli, Fred Goessens, Anneke Blok, Johan Fretz

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: