Skip to content

Aku Tahu Kapan Kamu Mati (2020) – movie review

Rating: 2 out of 5.

Film ini seharusnya tayang di awal Maret 2020 tetapi karena pandemi dan seluruh bioskop pun tutup, film yang saya masukkan ke daftar tonton saya ini sempat terlupakan. Film ini lalu tayang  tayang di Sinema Spektakuler Disney Plus Hotstar pada 8 Januari 2021.

Film diawali dengan seorang remaja perempuan yang duduk di bangku SMA bernama Siena yang mengalami mati suri. Ia kembali hidup dan sejak mati suri Siena bisa melihat makhluk halus yang selalu muncul di dekat orang yang akan meninggal.

Merasa ketakutan dengan kejadian yang ia alami, Siena menceritakan hal tersebut kepada sahabat2nya Flo, Neni, dan Vina. Mereka bertiga tidak langsung mempercayai cerita Siena tetapi setelah kejadian buruk yang menimpa teman satu sekolah mereka Brama dan muncul sosok hantu anak kecil di dekat mereka berempat, mereka pun berusaha mencegah hal buruk terjadi kembali.

Review

Film ini saya tunggu2 karena poster dan pemeran film ini terlihat menarik. Sisi komedinya merupakan bumbu yang oke2 saja dan menurut saya memang lucu tetapi dari segi cerita dan horror masih banyak celah yang bisa diisi.

Latar belakang cerita tentang Siena tidak terlalu dijelaskan dan tidak banyak lika-liku ataupun pencarian tentang kenapa sosok yang sudah meninggal tersebut muncul di dekat seseorang yang akan meninggal. Usaha mereka mencegah Flo terluka pun kurang menantang sehingga hasil akhirnya pun terasa kurang menyedihkan.

Hampir seluruh pemeran utama di film ini belum banyak bahkan baru bermain di film dengan genre horror sehingga untuk penonton yang sering menonton film horror, hal ini akan sangat terasa.

Seandainya hal2 minor tersebut sedikit digali lebih dalam, mungkin penonton akan lebih puas dan puncak akhir filmnya pun akan lebih terasa nuansa sedihnya. Entah kenapa sangat jarang film Indonesia yang memasukkan plot twist di jalan ceritanya.

Film ini diangkat dari cerita yang dipublish di wattpad oleh Arumi, lalu dijadikan novel dan film. Cerita aslinya jauh lebih menarik dan misterius, saya justru lebih tertarik membaca cerita versi wattpadnya.

Anyway, kalau kalian ga terlalu suka yang full horror, film ini bisa jadi tontonan pilihan.

Sutradara : Hadrah Daeng Ratu Penulis Skenario : Aviv Elham Pemeran Utama : Natasha Wilona, Ria Ricis, Al Ghazali, Rita Nurmaliza, Ryma Gembala

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: