Anatomy of a Scandal (2022) – Netflix series review

Rating: 3.5 out of 5.

Film series thriller yang diadaptasi dari sebuah novel karya Sarah Vaughan ini cukup intens dengan pemeran2 yang memikat membuat mini series dengan 6 episode ini terasa mudah untuk ditonton.

Series ini bercerita tentang skandal perselingkuhan James Whitehouse dengan salah satu bawahannya, Olivia Lytton. Sebelum beritanya tersebar, James sudah menceritakannya terlebih dulu kepada istrinya, Sophie. Tetapi sebuah insiden didalam lift antara James dan Olivia membuat perselingkuhan itu berkembang menjadi tuduhan pemerkosaan. Kasus tersebut pun diangkat ke pengadilan dan berbagai rahasia perlahan mulai terungkap.

Walaupun perannya tidak banyak tetapi salah satu pemeran cilik langsung saya kenali, Amelie Bea Smith, yang tampil memikat di series The Haunting of Bly Manor. Ada sesuatu yang memikat dari aktris cilik ini dan saya berharap ia akan muncul kembali dalam peran yang lebih menantang.

Saya juga langsung mengenali Naomi Scott yang sangat memikat di film Aladdin sebagai Jasmine. Disini ia berperan sebagai Olivia, perempuan yang berselingkuh dengan James dan menuntut James atas tuduhan pemerkosaan. Kesaksiannya tidak meragukan tetapi hubungan perselingkuhannya membuat tuduhan tersebut terasa lemah.

Karakter James Whitehouse menurut saya sedikit blurry, disatu sisi ia terlihat tulus dengan istri dan keluarganya tetapi masa lalunya memperlihatkan sebuah sisi yang berbeda, yang terdorong keluar dalam kondisi mental tertentu. Sementara Sienna Miller tampil luar biasa sebagai Sophie Whitehouse. Sophie menunjukkan kesetiaannya pada James dan pernikahannya, juga anak2nya, walaupun James mengungkapkan segala rahasianya satu persatu. Tetapi disaat kebohongan James terungkap, ia mampu berhenti dan memilih untuk mengungkapkan kebenaran.

Secara visual saya menyukai bagaimana transisi antara memori masa lalu dan saat ini dibuat sehingga perpindahan waktunya terasa mulus, sedangkan glass effect yang terus muncul saat adegan pengadilan rasanya tidak menambah ketegangan, saya tidak begitu yakin apa maksud efek tersebut.

Walaupun minim plot twist dan arah ceritanya bisa ditebak tetapi saya tetap terhibur dengan series ini. Anatomy of a Scandal bisa kalian tonton di Netflix mulai 15 April 2022.


Sutradara : S.J. Clarkson Kreator / Penulis Skenario : David E. Kelley & Melissa James Gibson, Sarah Vaughan (novel) Pemeran : Sienna Miller, Michelle Dockery, Rupert Friend, Naomi Scott, Josette Simon, Geoffrey Streatfeild, Joshua McGuire