Skip to content

Dashcam (2021) – movie review

Rating: 2 out of 5.

Film Dashcam ini disutradarai oleh Rob Savage, yang pernah menyutradarai film Host dan direlease ditengah pandemi. Sayangnya menurut saya film Host jauh lebih berhasil daripada Dashcam.

Masih dengan latar belakang yang sama dengan yang tengah kita alami dimana peraturan mengenakan masker diwajibkan, Dashcam menceritakan tentang seorang wanita, Annie, yang mengunjungi sahabatnya Stretch dan melakukan perjalanan mengantar makanan bersama. Tetapi perilaku Annie yang cuek terutama terhadap penggunaan masker membuat ia ditolak dirumah Stretch. Annie pergi menggunakan mobil Stretch dan mengambil pesanan antar yang muncul, yang seharusnya dilakukan Stretch. Sambil terus melakukan live vlog, Annie mulai merekam selama perjalanan yang awalnya hanya permainan tetapi seketika berubah menjadi horror.

Rob Savage cukup berhasil dengan film Host nya yang mengaitkan situasi dunia diawal pandemi dengan kejadian supranatural. Kali ini menerapkan pola yang serupa, ia berusaha menggabungkan antara situasi saat ini dimana penggunaan masker diterapkan sambil Annie melakukan vlog live yang kemudian diikuti dengan hal supranatural bahkan Annie tidak sengaja menemukan perkumpulan kultus yang diselipkan di adegan menuju akhir film.

Saya tidak keberatan dengan banyak adegan berdarah tetapi di film diselingi dengan adegan2 yang menjijikkan dengan feses dan urine. Lalu pemeran utamanya, Annie, digambarkan sebagai seseorang yang banyak bercanda dan cuek, ia anti vaksin bahkan tidak menggunakan masker sama sekali. Di salah satu adegan terlihat Annie ditegur di sebuah restoran karena tidak menggunakan masker dan ia justru melawan. Pokoknya karakter Annie ini membuat saya tidak peduli dengan bagaimana ia akan berakhir.

Di tengah cerita Annie yang mengambil mobil Stretch dan menerima order untuk mengantar makanan justru menemukan restoran yang ia tuju gelap dan sepi. Annie justru ditawarkan uang untuk mengantar Angela, seorang wanita tua berkulit hitam, ke suatu alamat. Disinilah kejadian2 menyeramkan mulai terjadi.

Tidak diceritakan secara detail, kenapa Angela sebenarnya, mengapa usianya jauh lebih tua daripada orang tuanya dan darimana kekuatan yang ia miliki tetapi film2 found footage semacam ini sepertinya memang tidak memiliki latar belakang maupun tujuan tertentu. Kita hanya akan menonton aksi kejar mengejar hingga film berakhir.

Film ini tidak bisa dibilang membosankan, momen menegangkan masih tetap terasa tetapi tidak banyak yang bisa disimpulkan.

Sutradara : Rob Savage Penulis Skenario : Gemma Hurley, Rob Savage, Jed Shepherd Pemeran : Annie Hardy, Angela Enahoro, Amar Chandha-Patel, Jemma Moore

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: