Skip to content

Firestarter (2022) – movie review

Rating: 2.5 out of 5.

Film remake dari novel karya Stephen King ini sedikit mengingatkan saya dengan film Freaks di tahun 2019 dengan konsep yang serupa tetapi pengembangan ceritanya memang jauh berbeda. Walaupun saya belum menonton film originalnya tetapi ada beberapa hal yang mengingatkan saya dengan film2 di era 80an.

Firestarter menceritakan tentang Charlie seorang anak perempuan dengan kelebihan khusus yang terkait dengan api. Kedua orangtuanya, Andy dan Vicky, juga memiliki kemampuan khusus yaitu mengendalikan pikiran dan telekinetik. Mereka berusaha hidup normal, menjauh dari orang2 yang berusaha menangkap Charlie dan memanfaatkan kekuatan mereka. Tetapi hal itu semakin sulit dilakukan ketika seorang agen dikirim untuk menangkap dan membawa Charlie, tanpa peduli siapapun yang menghalanginya.

Menurut saya film ini masih layak tonton dan tetap menghibur tetapi entah karena film ini memperketat budgetnya ataukah memang tetap ingin mempertahankan konsep awal film originalnya di tahun 80an sehingga secara teknik maupun visual terasa seakan tetap berada di era tersebut. Tidak ada special effect yang canggih, salah satunya terlihat saat Charlie berusaha menyerang dengan kobaran api. Bahkan musiknya pun sangat mengingatkan dengan film2 di tahun 80an tetapi untuk yang satu ini sih saya tidak terlalu mempermasalahkannya bahkan cenderung suka apalagi musiknya dibuat oleh John Carpenter.

Ekspektasi penonton tentunya berharap akan lebih banyak action dan tentunya dengan efek2 yang lebih canggih tetapi pengalaman yang didapat justru dibawah ekspektasi. Apalagi sudah banyak film2 superhero yang tentunya menggunakan special effect yang super canggih.

Salah satu pemeran yang menjadi sorot perhatian saya adalah Zac Efron yang lebih terkenal di genre drama, komedi dan romance. Awal saya melihatnya di genre lain adalah di film Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile sebagai Ted Bundy dan sekarang di Firestarter ia berperan sebagai seorang ayah dan cukup meyakinkan.

Ryan Kiera Armstrong yang beberapa kali muncul di genre action seperti Black Widow dan The Tomorrow War, juga di genre horror yaitu It Chapter Two dan American Horror Story, sepertinya memang pas untuk memerankan Charlie. Hanya ada sedikit momen dimana emosi naik turunnya kurang terasa sebagai seorang anak yang memiliki super power dan ragu apakah kekuatannya merupakan hal baik ataukah membuatnya menjadi monster tetapi di usianya memerankan ini i think she’s good and talented.

Satu hal yang kadang sedikit membingungkan adalah ada beberapa film semacam ini yang dimasukkan ke dalam genre horror tetapi ada juga yang tidak. Anyway, film Firestarter ini sudah bisa kalian tonton di bioskop-bioskop terdekat mulai tanggal 18 Mei 2022.

Sutradara : Keith Thomas Penulis Skenario : Scott Teems, Stephen King (based on the novel by) Pemeran : Ryan Kiera Armstrong, Zac Efron, Sydney Lemmon, Michael Greyeyes, Gloria Reuben, Kurtwood Smith, John Beasley

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: