Skip to content

Five Days at Memorial – appletv+ series review

Rating: 4 out of 5.

Saya pernah melihat berita tentang badai Katrina ini tetapi melihat ceritanya khususnya dari satu bagian terutama di sebuah rumah sakit, membuat saya melihatnya dengan perasaan yang campur aduk. Series ini memang bergenre drama tetapi saya memilih untuk mereviewnya selain salah satu pemerannya adalah Vera Farmiga dan diangkat dari kisah nyata, banyak pengetahuan dan pembelajaran juga bagi saya setelah menonton tiga episode awalnya.

Beberapa hal yang langsung menjadi fokus saya pertama kali menonton tiga episode awal series ini adalah ketika satu cerita berkembang menjadi tak terkendali dari mulut ke mulut lalu bagaimana sebuah rumah sakit tidak memiliki prosedur evakuasi untuk banjir dan juga kondisi helipad serta tangga menuju helipad tersebut. Seperti yang bisa dibayangkan keadaan berkembang menjadi tak terkendali dalam hitungan jam. It’s a total chaos.

Bencana merupakan hal tak terduga dan tidak akan pernah bisa dihadapi dengan kesiapan penuh. Disaat-saat kritis dan tidak ada bantuan ditambah lagi dengan prosedur keselamatan yang kurang jelas lalu kepanikan meningkat, you just can’t think clearly. Dan dalam situasi yang terus memburuk tersebut sifat manusia yang sebenarnya pasti terungkap.

Saya menonton series ini awalnya karena adanya Vera Farmiga, tetapi ketika melihat sinopsisnya saya penasaran. Tiga episode langsung saya tonton dalam semalam dan hal pertama yang saya simpulkan di episode awal tersebut adalah betapa sistem yang kurang jelas baik dari rumah sakit, perusahaan yang menaungi rumah sakit tersebut, bahkan pemerintah dan tim penyelamat, membuat situasi semakin bertambah keruh. Semua terasa membingungkan, tumpang tindih dan banyak yang saling melempar tugas. Sejujurnya bila melihat masalah secara keseluruhan, bisakah kita hanya menyalahkan satu dua orang saja?

Saking penasarannya saya mencari berita aslinya dimana ditampilkan juga di bagian opening series ini bahwa ditemukan 45 orang yang meninggal di rumah sakit tersebut dimana jumlah ini sangat jauh diatas jumlah yang meninggal di rumah sakit lainnya. Investigasi pun dilakukan dan Dr Anna Pou yang diperankan oleh Vera Farmiga didakwa atas kematian beberapa orang didalam rumah sakit karena diduga melakukan euthanasia pada pasien-pasien tersebut.

Jujur walaupun bergenre drama tetapi saya merasa ada unsur-unsur thriller terutama ketika perawat membawa pasien-pasien ke landasan helipad dengan kondisi tangga yang mengkhawatirkan. Dan jalur tersebut pun belum secara sah dinyatakan aman.

Series ini tidak dibuat untuk menghakimi salah satu pihak tetapi menurut saya lebih berusaha merefleksikan keadaan yang sesungguhnya dan buat saya menjadi sebuah pelajaran yang penting. Kita mungkin bisa menunjuk beberapa orang tetapi ketika kita berada dalam posisi yang sama belum tentu kita bisa membuat keputusan yang lebih baik.

Series ini tayang 3 episode sekaligus tanggal 12 Agustus di appletv+ dan episode berikutnya akan tayang tanggal 19 Agustus. Jangan lewatkan!

Sutradara : John Ridley, Wendey Stanzler, Carlton Cuse Penulis Skenario : Carlton Cuse, John Ridley, Sheri Fink (based on book by) Pemeran : Vera Farmiga, Cherry Jones, Cornelius Smith Jr, Robert Pine, Adepero Oduye, Julie Ann Emery, Michael Gaston, Molly Hager, Stephen Bogaert, Sharon Matthews, Damon Standifer, Sarah Allen, W Earl Brown

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: