Skip to content

Goodnight Mommy (2022) – prime video movie review

Rating: 3 out of 5.

Film terbaru dari Prime Video dengan judul Goodnight Mommy ini merupakan remake dari film dengan judul yang sama di tahun 2014 dari Austria. Versi remake ini sepertinya diperhalus dari versi aslinya yang jauh lebih menegangkan. Walaupun tidak memberikan efek yang sama dengan versi aslinya tetapi kali ini saya harus menyetujui perubahan yang dilakukan.

Film ini menceritakan tentang dua anak laki-laki kembar bernama Elias dan Lukas yang setelah beberapa waktu tidak berjumpa dengan ibu mereka akhirnya mendapat kesempatan untuk mengunjungi dan menghabiskan waktu bersama. Setibanya di rumah sang ibu, Elias dan Lukas menjumpai ibu mereka dengan wajah terbalut perban putih pasca operasi. Tidak hanya wajah sang ibu yang berubah tetapi sikapnya pun berubah, ia tidak mau menyanyikan lagu pengantar tidur bahkan merobek gambar pemberian Elias. Setelah mendengar percakapan ibunya di telepon, mereka mulai curiga dan merasa bahwa perempuan tersebut bukanlah ibunya. Mereka mulai memikirkan cara untuk membuktikannya.

Saya pernah memasukkan film Goodnight Mommy versi asli ke dalam daftar wishlist tonton saya tetapi baru saya tonton setelah menonton film remake ini. Di pertengahan film versi remake ini saya sudah menebak-nebak bahwa ada yang aneh dari Elias dan Lukas. Di awal film sepertinya penonton memang diarahkan untuk fokus pada si ibu terutama karena sikapnya yang kasar pada Elias dan Lukas tetapi bila diperhatikan dengan teliti kita akan menemukan keanehan yang akhirnya akan terjawab di penghujung film.

Saya memang merasa versi remakenya ini dibuat lebih aman tetapi secara plot cerita justru lebih bisa dipahami, bahkan ending filmnya mampu menutup keseluruhan misteri dengan jelas, tetap tragis tetapi menjawab semua pertanyaan yang muncul di benak saya. Lalu setelah menonton versi aslinya, saya paham mengapa film ini diperhalus. Yah, saya menonton cukup banyak film-film slasher tetapi film horror non supranatural yang menyangkut anak-anak menurut saya sangat perlu disortir.

Trauma dimasa kecil terutama pada orang yang tidak terpisah dari kehidupan kita memang sangatlah berat dan tidak bisa dianggap sepele. Membiarkannya justru membuat kondisi menjadi lebih buruk. Dan di versi aslinya kondisi mental si anak benar-benar terlihat jelas. Memang sangat menegangkan tetapi tanpa penjelasan yang lebih jelas, kita hanya mendapat background cerita dari satu kalimat tanpa penjelasan lanjut seakan film ini hanya berusaha menekankan pada suasana menegangkan dan kejadian tragis yang tak kunjung berhenti hingga akhir.

Naomi Watts memerankan sang ibu tanpa celah sedikitpun, walaupun bila dibandingkan dengan versi aslinya yang lebih menyeramkan, kondisi wajah Naomi yang diperban di versi remake ini tidak terlihat seperti pasca operasi tetapi seakan hanya memakai topeng, kalian masih tetap bisa melihat kecantikan Naomi Watts.

Terlepas dari sisi horror dan suspense di versi asli, saya lebih menyukai alur cerita di versi remake ini yang membuat saya lebih memahami masalah yang ada antara sang ibu dan kedua anaknya, hubungan antar setiap adegan dan detail yang disajikan dalam film juga membuat keseluruhan cerita terasa lebih masuk akal.

Film Goodnight Mommy ini mulai tayang di Prime Video tanggal 16 September 2022.

Sutradara : Matt Sobel Penulis Skenario : Kyle Warren Pemeran : Naomi Watts, Cameron Crovetti, Nicholas Crovetti, Peter Hermann

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: