Skip to content

Gretel & Hansel (2020) – movie review

Film yang diangkat dari cerita dongeng klasik anak-anak “Hansel & Gretel” karya Brothers Grimm ini memang tidak terlalu jauh berbeda dari cerita aslinya tetapi ditambahkan dengan sedikit sudut pandang yang berbeda. Memang cerita anak-anak ini cukup horror bukan hanya untuk anak-anak kecil saja tetapi juga untuk orang dewasa, dan ini mungkin satu2nya cerita dongeng anak-anak yang paling sering dijadikan tema untuk film horror. Mungkin perfilman Indonesia tertarik juga untuk membuat versi berbeda dari Hansel & Gretel ini?

Alur ceritanya tidak berbeda jauh dari aslinya, setelah kematian ayahnya, Gretel dan adiknya, Hansel, harus ikut bekerja membantu ibunya. Ketika Gretel menolak pekerjaan di sebuah rumah milik orang kaya, Gretel dan Hansel diusir dari rumah oleh ibunya. Mereka berdua pun menelusuri hutan tanpa persediaan makanan. Untungnya mereka sempat bertemu dengan seorang pemburu yang memberi makanan dan memberitahu arah perjalanan mereka. Setelah itu mereka kembali menelusuri hutan dan melihat sebuah rumah yang berbau kue. Mereka disambut oleh seorang wanita tua yang tinggal sendiri di dalam rumah itu, Holda. Holda memberi mereka makan dan menyuruh mereka tinggal sepuasnya di dalam rumah itu. Gretel mulai merasakan keanehan karena Holda tidak pernah berburu dan menangkap hewan apapun tetapi makanan selalu tersaji, hingga ia menemukan sebuah pintu kecil menuju sebuah ruangan dimana rahasia nenek tua itu tersembunyi.

Meskipun jalan ceritanya agak lambat dan unsur horrornya pun tidak terlalu terasa tetapi saya suka dengan detail2 kecil dari cerita aslinya yang tetap dimasukkan seperti asap berwarna merah yang keluar dari cerobong rumah Holda dan banyak hal2 lain yang tetap sama hanya dibuat dengan versi modern. Apakah karena ini menyangkut anak2 kecil sehingga mereka tidak berani mengangkat horror terlalu dalam?

Tidak ada yang terlalu menarik dari alur ceritanya tetapi saya sangat suka lokasi film dan detail set up dari film ini seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Karakter Hansel tidak berperan terlalu banyak disini karena perbedaan umur yang dibuat jauh berbeda dengan Gretel, jadi yang memang menonjol adalah Gretel dan Holda. Pertarungan antara Gretel dan Holda juga terasa kurang intens. Bagaimana dengan endingnya? Yang jelas antara senang bercampur aneh dengan sedikit tanda tanya kalau melihat ending filmnya.

Sutradara : Oz Perkins Penulis Skenario : Rob Hayes Pemeran Utama : Sophia Lilis, Samuel Leakey, Alice Krige, Jessica De Gouw

Rate : ★ ★ ★ ☆ ☆

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: