Skip to content

Stranger Things (2022) – season 4 review

Rating: 4.5 out of 5.

Sebelum mulai mereview season 4 mari kita sedikit flashback ke season 1 sampai dengan 3.

Season 1 dimulai dengan hilangnya seorang anak, Will Byers, sepulang bermain bersama sahabat2nya Mike, Dustin dan Lucas. Pencarian dilakukan tetapi tanpa hasil sementara itu Joyce mulai mengalami hal-hal aneh dengan lampu di rumahnya yang membuat ia percaya bahwa Will masih hidup dan berusaha menghubunginya. Disaat bersamaan dengan hilangnya Will, muncul seorang anak perempuan memakai baju rumah sakit dengan angka sebelas ditangannya, dipanggil dengan nama Eleven.

Di season 2 banyak hal yang terjadi di Hawkins, pendatang baru bernama Max, tanaman labu yang membusuk, Dustin yang menemukan binatang aneh, Will Byers yang mulai melihat kilasan dunia Upside Down tetapi kali ini di dunia nyata. Ketika kilasan tersebut kembali terjadi untuk kesekian kalinya, Will tidak lagi lari dan terdiam tetapi disaat itu pula ia justru dimasuki oleh makhluk yang menjadikan dirinya sebagai inang dan membuat Will terhubung dengan monster penghuni Upside Down.

Season 3 ketegangan mulai meningkat karena monster dari Upside Down muncul kembali dengan rencana yang lebih besar. Ia mulai menginfeksi penduduk Hawkins satu persatu dan membentuk monster yang sangat besar.

Season 4 dimulai dengan kematian seorang cheerleader dari SMA Hawkins, Chrissy. Nancy Wheeler yang mencari berita tentang kematian tersebut mendengar sebuah cerita tentang Victor Creel, seorang pria yang membunuh keluarganya dan mengambil matanya lalu dikurung di RSJ Pennhurst. Di lain sisi, Max bersama Lucas, Dustin, Steve dan Robin menemukan kesamaan diantara para korban dan bahwa Max akan menjadi korban berikutnya. Max mulai mengalami halusinasi menyeramkan yang menjadi tanda awal korban kutukan Vecna.

Di season 4 ini nuansa horrornya jauh lebih terasa, special effectnya semakin menakjubkan, monsternya pun berkembang semakin canggih. Satu hal yang saya suka dari season 1 dan masih konsisten hingga season 4 adalah pola ceritanya yang diawal selalu menyebar ke beberapa kejadian berbeda tetapi kemudian mengarah ke satu tujuan dan semua yang terlibat akan bekerjasama.

Kutukan Vecna ini sedikit mengingatkan saya dengan series Korea The Cursed bila melihat apa yang terjadi dengan para korbannya tetapi series ini mampu membuat cirinya sendiri. Selain para karakternya yang selalu menarik, specially the kids, karakter monster2nya pun luar biasa.

This is an interesting story, walaupun ceritanya terlihat impossible tetapi film ini terasa sangat meyakinkan dan akting setiap pemerannya, bahkan dari season 1 dimana sebagian besar pemerannya adalah anak2, sangat luar biasa memikat. Terasa tidak masuk akal tetapi dengan akting, alur cerita, bahkan special effect dan setiap detail kecilnya tergabung menjadi sesuatu yang believable bahwa sangat mungkin sekelompok anak2 melawan monster dari dunia lain.

Di series ini selain Dr Brenner dan orang2 Rusia, penduduk Hawkins pun mulai menunjukkan kebencian setelah Steve mulai menanamkan pemikiran bahwa klub Hellfire merupakan kultus yang melakukan ritual dengan banyaknya kematian2 yang aneh.

Satu misteri yang masih belum terjawab adalah kenapa El tiba2 kehilangan kekuatannya. Di season ini El tidak banyak beraksi dan lebih banyak mengingat masa lalu yang dipercaya bisa memulihkan kekuatannya.

Stranger Things Season 4 ini mulai tayang di Netflix 27 May 2022 dan kelanjutannya Season 4 Returns akan tayang 1 July 2022.

Creators: Matt Duffer, Ross Duffer
Cast: Millie Bobby Brown, Finn Wolfhard, Winona Ryder, David Harbour, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughlin, Noah Schnapp, Natalia Dyer, Charlie Heaton, Joe Keery, Cara Buono, Sadie Sink, Dacre Montgomery, Maya Hawke, Paul Reiser, Matthew Modine, Priah Ferguson

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: