Skip to content

The Ancestral (2021) – movie review

Rating: 2 out of 5.

Film horror Vietnam ini dimulai dengan cukup menarik sayangnya di pertengahan cerita muncul plot twist yang membuat arah film menjadi tidak jelas.

Film The Ancestral bercerita tentang sebuah keluarga, Tanh, sang ayah, dan kedua anak perempuannya, Linh dan Yen. Mereka pindah ke sebuah rumah tua di tempat baru setelah kematian sang ibu dengan harapan bisa melupakan tragedi tersebut dan membuat lembaran baru. Sejak tragedi tersebut Yen mengalami gangguan berjalan sambil tidur dan Tanh berharap gangguan itu akan hilang bila mereka menjauhi tempat yang memicu kesedihan dan gangguan tersebut. Sayangnya gangguan justru bertambah sejak mereka pindah. Tidak hanya Yen, bahkan Linh juga mengalami ketindihan dan sering melihat seakan ada seseorang berada di rumah tersebut.

Di bagian awal film ini terasa cukup menarik tetapi di pertengahan saya merasa film ini terlalu berusaha memasukkan banyak hal mulai dari depresi, halusinasi, gangguan mental hingga hal-hal supranatural tanpa menguliknya lebih dalam. Plot twist yang muncul pun tidak memperbaiki cerita yang tumpang tindih tersebut.

Di awal kita langsung diarahkan dengan hal-hal supranatural yang dialami Yen dan Linh di rumah baru mereka. Lalu kemunculan seorang guru perempuan, Hanh, yang menurut saya sejak awal kemunculannya tidak terasa berperan sebagai guru, membuat kecurigaan Yen dan Linh meningkat. Belum selesai dengan dua masalah tersebut, muncul cerita tentang institusi bagi penderita gangguan mental.

Setelah tiga plot yang belum tuntas itu muncul lalu sang ayah tiba-tiba berubah karakter dan plot seakan berputar kembali ke titik awal yaitu fenomena supranatural. Tidak ada yang dibahas secara tuntas, tidak ada latar belakang dan tidak ada titik cerah. Penonton seakan dibiarkan berpikir terlalu keras untuk menjawab semua hal yang ambigu dalam film ini.

Banyak celah yang seandainya bisa dikupas lebih dalam, alur ceritanya akan lebih terarah dan penonton pun akan lebih memahami keempat karakter, background storynya dan arah cerita yang akan dituju. Semua karakter terasa datar padahal dengan kondisi yang dialami Tanh dan kedua anaknya dalam film ini saya sebagai penonton setidaknya bisa ikut merasakan simpati. Tingkat ketegangannya pun hanya terasa di awal film.

Bila kalian penasaran dan ingin menonton, film The Ancestral tayang kembali di platform online, Netflix, mulai 15 Juni 2022.

Sutradara : Le-Van Kiet Pemeran : Quang Tuan, Mai Cát Vi, Lam Thanh My, Dieu Nhi

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: