Skip to content

Watcher (2022) – movie review

Rating: 3.5 out of 5.

Watcher merupakan film psychological thriller yang diproduksi oleh IFC Midnight dan Shudder. Menurut saya film ini benar-benar menggambarkan psychological thriller karena dari awal hingga menuju penghujung film penonton seakan digantung antara imajinasi semata atau realita.

Film dimulai dengan Julia dan Francis berada di taksi sedang menuju apartemen barunya di Bucharest. Francis bekerja dengan jam kerja yang cukup panjang sehingga Julia terpaksa menghabiskan waktunya sendirian di negara asing yang belum ia kuasai bahasanya tanpa teman untuk menghabiskan waktu sambil menunggu Francis pulang. Disaat itulah ia mulai menyadari bahwa seorang pria sedang mengamatinya bahkan mengikutinya.

Hampir disepanjang film penonton dibuat bertanya-tanya apakah yang dipikirkan Julia memang benar atau tidak. Apakah pria yang mengikuti Julia adalah orang yang sama yang berada di seberang apartemennya dan mengamatinya ataukah hanya paranoia Julia semata.

Meskipun slowburn tetapi saya merasa hal tersebut memang pas untuk membangun suasana menjadi lebih menegangkan. Beberapa konsep juga terasa familiar tetapi dengan ketidakpastian yang dibangun selama separuh film ini membuat ceritanya tidak membosankan. Salah satunya adegan ketika Julia berusaha meyakinkan dirinya bahwa bayangan diseberang apartemennya tidak sedang mengamatinya dengan melambaikan tangan, tentu kita menebak bahwa akan ada balasan tetapi walaupun sudah bisa ditebak suasananya tetap terasa menegangkan.

Salah satu hal yang terasa sering muncul pada film-film thriller adalah ketika si korban justru penasaran dan mengikuti orang yang dicurigainya meskipun bisa jadi orang tersebut adalah serial killer. Adegan-adegan semacam ini membuat tegang sekaligus menjengkelkan karena si wanita terlihat sangat ceroboh, mengikuti seseorang yang kemungkinan adalah seorang serial killer di negara yang masih asing baginya.

Maika Monroe yang dikenal dengan filmnya It Follows dan Villains, berhasil menarik perhatian dalam memerankan Julia. Burn Gorman pun menciptakan ketegangan bahkan tanpa harus berkata-kata, hanya dengan gerakan tubuhnya. Ia mampu memerankan karakter yang membuat intens tetapi di sisi lain ia juga mampu terlihat polos dan terkesan tidak mampu melakukan kejahatan.

Okuno berhasil membuat penonton seakan berada di posisi Julia, disatu sisi merasa yakin bahwa ada sesuatu yang off dengan pria di seberang apartemennya tetapi disisi lain juga merasa ragu karena tidak ada bukti otentik dan juga dengan suasana dan tempat baru membuat dirinya tidak bisa begitu saja dipercaya.

Overall saya menyukai alur cerita film Watcher yang terasa sederhana, menegangkan tetapi tidak mudah untuk ditebak ini.

Sutradara : Chloe Okuno Penulis Skenario : Zack Ford & Chloe Okuno Pemeran : Maika Monroe, Karl Glusman, Burn Gorman, Madalina Anea, Cristina Deleanu, Daniel Nuta, Gabriela Butuc

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: