You are Not My Mother (2021) – movie review

Rating: 3 out of 5.

Film horror slow burn dari Irlandia ini kalau boleh saya bilang cukup unik tetapi sangat disayangkan karena latar belakang ceritanya masih terasa kurang.

Film diawali dengan menegangkan ketika seorang wanita yang terlihat sedang mendorong kereta bayi lalu menyalakan api disekelilingnya. Adegan lalu berpindah menyorot seorang anak remaja perempuan yang dipanggil Char, yang tinggal bersama ibunya Angela, nenek dan pamannya. Mereka panik ketika Angela tiba2 menghilang setelah mengantar Char ke sekolah.

Ide tentang seorang ibu yang bisa digantikan oleh sosok lain memang sebuah konsep yang membuat merinding, bila rumah sudah tidak lagi menjadi tempat yang aman dan seorang ibu yang seharusnya menjadi tempat berlindung justru tidak bisa menjadi sandaran. Hal inilah yang dialami Char. Meskipun kita tidak diberikan informasi tentang apa yang sebenarnya dialami oleh Angela hingga membuatnya depresi tetapi ketika Angela tiba2 muncul kembali, tanda tanya akan kemunculannya kembali membuat saya jauh lebih penasaran hingga melupakan penyebab depresinya. Saya ikut merasakan ketakutan ketika Char dikejar oleh Angela sambil menaiki tangga menuju kamarnya.

Beberapa adegan cukup berhasil menampilkan sisi Angela yang berbeda dan terasa horror tanpa berlebihan. Kate Dolan juga cukup konsisten untuk tidak menunjukkan kekerasan secara gamblang, ia cenderung tidak memperlihatkan bagian itu.

Walaupun kita tidak mengenal karakter Angela secara detail tetapi disisi lain, Char dijelaskan dengan sangat transparan. Dari awal film kita sudah melihat Char yang mandiri karena kondisi ibunya, sementara di sekolah Char juga mengalami bullying terutama karena tanda lahir di pipinya dan juga sejarah tentang ibu dan neneknya. Hal ini membuatnya merasa terasing dari sekolah dan juga rumah tetapi sosok Char tidak dibuat lemah oleh Kate Dolan, ia tetap bertahan di tengah segala kekacauan yang terjadi.

Saya cukup menyukai konsep cerita film ini tetapi beberapa hal minor seperti apa penyebab kondisi ibunya, apa yang terjadi ketika ia menghilang, bagaimana ia bisa digantikan serta mengapa ia yang diambil oleh makhluk apapun itu yang menggantikannya, tidak dijelaskan bahkan tidak disinggung sedikitpun.

Banyak hal yang dibiarkan menggantung sehingga saya tidak bisa memahami keseluruhan cerita dengan benar dan lengkap.

Sutradara : Kate Dolan Penulis Skenario : Kate Dolan Pemeran : Hazel Doupe, Carolyn Bracken, Ingrid Craigie, Paul Reid, Jordanne Jones, Katie White