Zebra Girl (2021) – movie review

Rating: 3.5 out of 5.

Sebelum membahas lebih dalam tentang ceritanya, satu hal yang agak sedikit mengganjal yaitu ketika melihat salah satu genre film ini adalah komedi, sementara setelah menonton sampai selesai saya tidak melihat ada unsur comedy maupun dark comedy sekalipun.

Jadi film ini menceritakan tentang seorang wanita, Catherine, yang memiliki pengalaman traumatis di usia mudanya hingga melakukan pembunuhan dan dipenjara. Iapun harus rutin mengkonsumsi obat agar depresinya tidak kembali muncul. Setelah mulai menjalani kehidupan dengan normal, Catherine bertemu seorang pria bernama Dan, dan merekapun akhirnya menikah. Awalnya semua berjalan biasa dan mereka terlihat bahagia tetapi masalah kembali muncul ketika Catherine hamil dan ia mencurigai Dan yang pulang larut malam dan lebih banyak menghabiskan waktunya di ruang kerja.

Film langsung diawali dengan menegangkan dan sesekali muncul flashback tentang masa lalu Catherine dengan ayahnya, yang membuat saya mulai memahami karakter Catherine dan alasan dibalik tindakannya. Lalu muncul juga flashback awal mula pertemuan Catherine dan Dan. Saya suka detail kecil tentang zebra girl, dimana Catherine melihatnya, lalu ia membuatnya menjadi karakter yang kuat untuk menutupi traumanya dan menyangkal bahwa dirinya adalah korban.

Satu hal yang masih agak sedikit samar adalah karakter Anita, yang awalnya saya pikir nyata tetapi beberapa adegan menunjukkan bahwa sosok Anita bisa jadi hanyalah merupakan khayalan Anita yang ia buat untuk menyalahkan kejadian di masa lalu dan kemudian menjadi tempat dimana ia merasa nyaman untuk bercerita, setiap kali ia melakukan sesuatu yang buruk, serta membuatnya merasa kuat seperti zebra girl.

Awalnya saya meragukan film ini tetapi setelah selesai menonton banyak hal yang terasa nyata, sentuhan psikologi thriller di film ini benar-benar terasa nyata hingga saya sendiri mulai bertanya2 bagian mana yang nyata dan khayalan. Saya bisa merasakan apa yang dialami Catherine sampai dengan bagian akhir yang sangat tragis. Kita dibawa terombang ambing dengan pikiran Catherine yang rumit. Sound effect nya pun membuat intensitas menjadi jauh lebih terasa.

Sarah Roy sepertinya memiliki potensi di genre horror thriller apalagi ia ikut terlibat dalam penulisan skenario. Secara keseluruhan alur cerita film Zebra Girl ini benar2 dipikirkan secara detail, meskipun ending film bukanlah sesuatu yang diluar dugaan tetapi menjadi penutup yang sangat tragis sekaligus sempurna.

Sutradara : Stephanie Zari Penulis Skenario : Derek Ahonen, Sarah Roy, Stephanie Zari Pemeran : Sarah Roy, Tom Cullen, Jade Anouka, Isabelle Connolly