Skip to content

The Watcher (2022) – Netflix series review

Rating: 3.5 out of 5.

The Watcher merupakan mini series terbaru dari Netflix yang diangkat dari kisah nyata dan menjadi ciri khas dari Ryan Murphy. Cerita yang terasa sangat aneh ini memang benar terjadi dan misterinya pun masih belum terungkap. Meskipun tidak ada kejahatan fisik yang dilakukan tetapi siapapun pelakunya berhasil menciptakan teror yang menekan mental korbannya.

Series ini bermula ketika pasangan Dean dan Nora Brannock memutuskan untuk pindah dari tengah kota New York ke pinggiran kota. Mereka memutuskan untuk memilih sebuah rumah di Westfield, New Jersey dimana Nora bertemu dengan Karen, kenalan lamanya yang ternyata adalah realtor rumah tersebut. Tidak lama setelah mereka pindah, tetangga di sekeliling rumah mereka ternyata tidak memberi penyambutan seramah yang diharapkan.

Tetangga tersebut antara lain adalah Pearl, seorang wanita tua yang aneh dan tinggal bersama saudaranya Jasper. Lalu ada Mitch dan Mo yang jelas-jelas tidak menghargai batas properti rumah. Tetapi tetangga-tetangga yang menyebalkan ini masih belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan surat teror yang diterima oleh pengirim dengan sebutan “The Watcher”.

Dean & Nora Brannock

Menonton series ini saja sudah membuat saya frustasi membayangkan tinggal di sebuah rumah dengan tetangga-tetangga yang tidak mengerti batas properti dan dengan seenaknya memasuki rumah tanpa ijin lalu ketika ditegur mereka justru marah. Mereka bahkan mengatur bahwa rumah tersebut tidak boleh diubah-ubah. Pearl terus menerus menyalahkan keputusan Dean untuk merombak rumahnya, terutama bagian lift makanan yang sering dimainkan oleh Jasper. Tidak hanya sampai disitu mereka seakan terus memojokkan dan memanfaatkan situasi buruk yang terjadi pada Dean dan Nora hingga keduanya merasa tidak nyaman, ditambah dengan teror surat yang bernada mengancam sehingga keduanya akhirnya memutuskan untuk menjual kembali rumah tersebut.

Saya tidak yakin apa yang sebenarnya terjadi pada rumah tersebut tetapi kemungkinan besar semua yang ada di lingkungan itu terlibat dan menyimpan rahasia, yang masih menjadi misteri adalah kenapa mereka melakukan hal itu. Tidak semua cerita disini diambil dari cerita nyata, beberapa bagian dan karakter merupakan tambahan ditambah

Bukan hanya tetangga tetapi seakan semua yang dikenal keluarga Brannock di kota tersebut pun bersikap aneh. Karen tidak henti-hentinya berusaha mendorong Nora untuk menjual kembali rumah tersebut meskipun dengan harga yang murah. Detektif Chamberlain yang seharusnya membantu keluarga Brannock pun terlihat sebisa mungkin untuk tidak memberikan bantuan sama sekali. Ketidaknyamanan di kota itu terus berlanjut bersamaan dengan teror berupa surat dengan nada yang menyeramkan.

Pilihan karakter di series ini menarik, saya senang kembali melihat Naomi Watts setelah kemunculannya di film Goodnight Mommy. Ia dan Bobby Cannavale memerankan Dean dan Nora dengan sangat meyakinkan hingga saya ikut tenggelam dalam kekacauan yang mereka alami. Dan mereka yang memerankan tetangga pun ikut membuat saya ingin marah dengan sikap mereka yang mengganggu, salah satunya adalah karakter Pearl yang diperankan oleh Mia Farrow. Setiap karakter digambarkan dengan sangat baik sehingga saya ikut merasakan emosi yang dirasakan keluarga Brannock.

Series The Watcher ini bisa ditonton di Netflix mulai tanggal 13 Oktober 2022.

Kreator : Ryan Murphy & Ian Brennan Pemeran : Naomi Watts, Bobby Cannavale, Jennifer Coolidge, Mia Farrow, Margo Martindale, Terry Kinney, Joe Mantello, Richard Kind, Noma Dumezweni, Christopher McDonald, Michael Nouri, Isabel Gravitt, Henry Hunter Hall, Luke David Blumm

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
%d bloggers like this: